Bupati Singkil Lantik Komisioner KIP

    Singkil, Aceh, jurnalsumatra.com – Bupati Aceh Singkil Dulmusrid melantik dan mengambil sumpah jabatan lima komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) periode 2018-2023 di Singkil, Rabu sore.
Dulmusrid menyampaikan, anggota KIP yang merupakan orang-orang pilihan dan dipercaya dalam menyelenggarakan pesta  demokrasi di daerah, harus mampu bekerja secara profesional, independen dan mengedepankan amanah dalam menjalankan tugasnya agar Pemilu 2019 bisa berjalan lancar, aman dan tertib.
“Kami yakin, komisioner KIP Aceh Singkil yang baru dilantik ini dapat bekerja secara profesional dan mandiri, tanpa adanya intervensi dari pihak mana pun, sehingga pesta demokrasi di daerah bisa terwujud secara independen dan jujur,” katanya.
Dijelaskannya, April 2019 akan berlangsung pesta demokrasi secara serentak dimana pihak komisioner berperan penting dalam menentukan anggota DPRK, DPR-RI serta presiden dan wakil presiden Republik Indonesia secara serentak.
“Semua partai politik (parpol) yang ikut berkompetisi harus bisa menerima hasil dari pertandingan. Jika ada hal-hal yang tidak bisa diterima, tentu harus disampaikan melalui prosedur yang berlaku, dengan tidak membuat kekacauan ataupun perbuatan anarkis.
Di sisi lain, suatu yang paling penting adalah memiliki komitmen kuat untuk siap menerima kemenangan maupun kekalahan, agar proses demokrasi bisa berlangsung dengan sukses, aman dan tertib tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

     “Sedangkan masyarakat yang merupakan penonton, tentunya harus cerdas dan bijaksana dalam memilah informasi dan tidak mudah terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkis dikarenakan kekalahan yang dialami oleh tim atau calon legislatif (caleg) yang didukung,” tegasnya.
Bupati juga menyampaikan selamat kepada Komisioner KIP Aceh Singkil periode 2018 -2023 karena saudara adalah orang-orang yang terbaik dan berperan aktif menentukan nasib pemerintahan 5 tahun kedepan.
Dalam bertugas, kata Dulmusrid, tidaklah ringan tapi dalam amanah gunakanlah wewenang sebaik-baiknya, tetap solid dengan kolega dan bersabar dalam menghadapi masalah.
“Saya berharap para komisioner yang telah terlantik, agar segera melaksanakaan tugasnya dengan mandiri, mengedepankan jujur, adil, proporsional, akuntabel dan efektif sesuai dengan peraturan Pemilu dalam Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden secara serentak pada 2019.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + two =