Bupati Temui Langsung Para Pendemo

Lahat, jurnalsumatra.com – Dengan penuh percaya diri dan rasa khwatir orang nomor satu Pemimpin Kabupaten Lahat, langsung menemui para pendemo yang menggelar aksinya didepan Kantor Pemkab Lahat.

Aksi damai tersebut, dilakukan pada Senin (19/8/2019) oleh rombongan Akademi Komonitas Negeri (AKN). Dalam tuntutannya mahasiswa AKN memintak agar Bupati Lahat untuk membantu menghidupkan kembali AKN.

Tidak itu saja, para pendemo juga berharap dapat lagi melaksanakan Program Study diluar kampus (PSDKU) dan menyelesaikan agar Ijazah yang sudah dikeluarkan AKN selama 4 Angkatan terdaftar di Derektorat Perguruan Tinggi (Dekti).

“Tujuan aksi yang kami lakukan ini, agar Bupati Lahat dapat kembali memenuhi keinginan kami mahasiswa. dan bisa mengaktifkan lagi AKN terutama program study diluar kampus. Karena, AKN sudah terdaftar di Dekti,” ungkap Syeaha dalam pidatonya.

Tuntutan mahasiswa inu, langsung disambut oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH hadir dalam kerumbunan para pendemo. Ia mengajak seluruh mahasiswa AKN untuk dapat selalu menjaga ketentraman dan kedamaian di Kabupaten Lahat.

“Menyuarakan pendapat memang dibenarkan. Akan tetapi harus mengikuti prosuder yang jelas dan benar. Maka dari itu saya mengajak semua mahasiswa agar tidak mudah terpropokasi dari sumber sumber yang tidak jelas dari semua pihak yang justru dapat berujung mengganggu kamtibmas di Lahat,” pesan Cik Ujang.

Terus terang diakui Bupati Lahat, Pemkab Lahat membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dalam mengaktifkan kembali AKN, terutama untuk mengentaskan kemiskinan dalam Pendidikan sebagai modal utama yang strategis.

“Oleh sebab itu, terkait tuntutan rombongan adek adek mahasiswa AKN akan saya segera tindaklanjuti dengan memanggil Dinas Pendidikan agar dapat segera mencari jalan keluar dan menyelesaikan persoalan yang ada,” janji Bupati Lahat.

Terakhir, Syeaha selaku koordinasi aksi (korak) setelah mendengar penjelasan orang nomor satu Pemimpin Lahat, dirinya bersama pendemo lainnya merasa cukup puas, atas apa yang dijelaskan dan disampaikan Bupati Lahat Cik Ujang SH.

“Kalau mendengarkan penjelasan dari pak Bupati Lahat sangat puas. Artinya, kami menilai kepala daerah bersungguh sungguh akan menyelesaikan dan menuntaskan problem yang dihadapi mahasiswa saat ini,” katanya dengan pasti. (Din)