Bupati: Tingkatkan Pelayanan Di Tengah Bencana Erupsi

Amlapura, jurnalsumatra.com – Bupati Karangasem, Bali, I Gusti Ayu Mas Sumantri mengharapkan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan jajarannya lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menyangkut berbagai aspek, tanpa membedakan satu sama lainnya di tengah bencana erupsi Gunung Agung.
“PNS dalam melayani masyarakat tidak tebang pilih atau mementingkan pribadi, kelompok dan organisasi, namun memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai Sapta Prasetya Korpri,” kata Bupati Gusti Ayu Mas Sumantri ketika bertindak menjadi Inspektur Upacara Apel Peringatan HUT ke-46 Korpri disinkronkan dengan peringatan HUT ke-72 PGRI, HUT ke-53 HKN dan HUT ke-81 DWP, di Lapangan Tanah Aron, Amlapura,  Rabu.
Ia mengatakan, PNS dalam memberikan pelayanan itu bekerja lebih profesional dan efektif dengan harapan mampu mengarahkan masyarakat untuk berperan dalam menyukseskan program-program yang telah dicanangkan.
Hal itu penting karena tantangan yang dihadapi cukup berat, yakni persaingan global dan ketidaktentuan terhadap kondisi.
Bupati Gusti Ayu Mas Sumantri mengharapkan seluruh PNS dan jajarannya tetap bekerja keras untuk menjadikan masyarakat Karangasem lebih sejahtera. Apalagi di tengah bencana erupsi Gunung Agung yang dihadapi oleh Kabupaten Karangasem saat ini.

“PNS diharapkan siap berada di garda depan dan mampu menggerakkan warga untuk siap siaga menghadapi bencana,” kata Bupati Ayu sumantri.
Untuk itu para PNS dan perangkat desa hendaknya memiliki ketangguhan khususnya dalam melayani masyarakat. Sosialisasikan tentang ancaman bahaya bencana alam yang mungkin akan terjadi di wilayah masing-masing sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan.
PNS haruslah selalu dalam keadaan bersiap artinya seluruh potensi masalah diantisipasi. Selalu tanggap setiap ada masalah, jangan lepas tangan dan harus ikut turun tangan langsung.
“Jangan sampai hanya bergegas menyelamatkan diri sendiri, namun harus mengutamakan tujuan kemanusiaan dengan melibatkan semua jajaran,” katanya.
Demikian pula aparatur sipil negara yang berada di kawasan rawan bencana agar mengungsi di wilayah Karangasem yang masih dinyatakan aman, sehingga bisa tetap bekerja untuk melayani masyarakat, ujar Bupati Mas Sumantri.
Bupati Mas Sumantri pada kesempatan itu menyerahkan penghargaan dalam bentuk dana talikasih kepada pengawas
sekolah, guru berprestasi tingkat Nasional tahun 2017 dan 92 orang guru purnabakti tahun 2017 masing-masing sebesar Rp1.250.000.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 20 =