Calon Haji Sumsel Separuh Lebih Lunasi BPIH

    Palembang, jurnalsumatra.com – Calon haji dari Provinsi Sumatera Selatan yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) lebih dari separuh dan diperkirakan bila tidak ada kendala sebelum penutupan semuanya dapat melunasi.
Hingga Senin (23/4) sudah 4.897 jemaah calon haji Sumsel yang telah melunasi BPIH dari kuota yang diberikan sebanyak 6.988 orang, kata Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin Latief, di Palembang, Selasa.
Menurut dia, pelunasan BPIH itu untuk tahap pertama akan ditutup pada 4 Mei mendatang, dan diperkirakan sebelum itu semuanya sudah lunas.
Namun, lanjut dia, Kementerian Agama tetap memberikan kesempatan pelunasan tahap kedua untuk mengantisipasi bila ada calon haji yang tidak dapat melunasi karena gagal sistem seperti surat kesehatan belum keluar.

Selain itu, untuk memberikan kesempatan kepada calon haji lanjut usia atau pengganti dalam pelunasan tahap kedua tersebut, ujar dia.
Dia mengatakan, sekarang ini jemaah calon haji masih tahapan pelunasan dari bank yang ditunjuk pemerintah terutama bank syariah.
“Memang pemberangakan calon haji masih lama atau pertengahan Juli mendatang, namun mereka harus selalu mempersiapkan diri terutama kesehatannya,” kata dia.
Ia menegaskan, dalam menunaikan Rukun Islam kelima tersebut bukan saja mental yang disiapkan, tetapi juga kesehatan.
Calon haji dari Sumsel akan diberangkatkan melalui Embarkasi Palembang bersama calon haji dari Bangka Belitung.
Semua calon haji itu diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang direncanakan menggunakan pesawat Garuda.(anjas)

Leave a Reply