Calon Independent Pilkada Palembang Terancam Gugur

Palembang, jurnalsumatra.com –Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang dari jalur independent terancam Gugur dari Pilakada tak memenuhi syarat dukungan. Pasalnya setelah verifikasi administrasi dukungan yang memenuhi syarat menyisahkan 58% dari 81.020 KTP dan dukungan untuk Alvaro dan sekitar 35% dari 88.276 KTP dan dukungan untuk Chairulsyah.

jurnalsumatra,sumsel,palembang
Calon Indepent Pilkada Palembang Terancam Gugur

Pasangan Akbar Alfaro dan Hernoe Resprjadji (Akhor)  Awalnya menyatakan memiliki KTP dan dukungan sejumlah 101 ribu lebih. Namun setelah penghitungan oleh KPU usai penyerahan berkas pendaftaran, pasangan ini memiliki KTP dan dukungan syah sebanyak 81.020. Sedangkan pasangan Mgs Chairil Syah dengan Mualimin Pardi Dahlan (Cha-Imin), mengantongi tiket KTP dan dukungan syah sebanyak 88.276.

Kemudian hasil verifikasi isi formulir model B.1-KWK perseorangan KPUD Kota Palembang 12 Desember lalu pasangan Akbar Alvaro  Jumlah KTP dan dukungan sebanyak 81.020 setelah diverifikasi administrasi memenuhi syarat sebanyak 47.431 sedangkan sisanya sebanyak 33.589 dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi.

Sedangkan pasangan Mgs. Chairil Syah dengan Mualimin Pardi Dahlan (Cha-Imin) saat mendaftar sebanyak 88.276 KTP dengan dukungan formulir model B.1-KWK. Namun setelah di verifikasi administrasi pasangan ini hanya mengumpulkan sebanyak 31.740 dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat sedangkan sisanya sebanyak 56.536 dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Dari pantauan jurnalsumatra.com di lapangan, verifikasi Faktual bisa menjadi penyebab berkurangnya KTP dan dukungan terhadap paslon independent

Selanjutnya menurut komisioner KPUD Kota Palembang, Firamon Syakti, dukungan yang memenuhi syarat diverifikasi faktual dari tanggal 12 hingga 25 Desember 2017.

“Hasil Verifikasi Faktual ini nanti akan ketahuan jumlah yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat. Selanjutnya sesuai peraturan perundangan bakal calon perseorangan wajib memenuhi dua kali lipat dari kekurang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah verifikasi Faktual,” jelasnya disela sela pengiriman berkas dukungan yang sudah di verifikasi administrasi ke kecamatan, Selasa (12/12/2017).

Hal senada disampaikan Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kota Palembang Divisi Pengawasan, Dadang Aprianto terkait hasil Verifikasi Administrasi. Jika Bakal Calon Walikota dari perseorangan ini masih bisa memenuhi kekurangan dukungan yang tidak memenuhi syarat.

“Selesai Verifikasi Faktual masih ada waktu bagi paslon perseorangan untuk memenuhi dukungan. Meski disyaratkan dua kali lipat dari dukungan yang awal yang disyahkan KPU, Paslon masih mempunyai waktu,” ujar dadang (15/12/2017)(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + nineteen =