Calon Kepsek Kota Bogor Harus Berijazah KML

    Bogor,jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat membuat kebijakan khusus bagi setiap calon kepala sekolah (Kepsek) harus memiliki ijazah Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut atau KML.
“KML menjadi salah satu persyaratan menjadi calon Kepsek di Kota Bogor,” kata Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, di Bogor, Selasa.
Dia mengatakan, kewajiban memiliki ijazah KML bagi calon Kepsek harus diimbangi dengan peningkatan para pelatih yang akan menjadi pembimbing pramuka di masing-masing sekolah.
Menurutnya, pelatihan pramuka yang jelas tidak hanya berguna bagi para peserta tetapi juga pelatih yang pada akhirnya bisa mentransfer ilmu kepada para anak didik maupun adik-adik pramuka di gugus depan (Gudep).

“Karena pramuka itu rujukannya jelas,” kata Ade.
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcap) Gerakan Pramuka Kota Bogor ini menyatakan, gerakan Pramuka mampu membantu mengakselerasikan tujuan pendidikan dalqm rangka mewujudkan manusia yang beriman, memiliki karakter, sikap dan perilaku yang baik.
“Pramuka mendidik generasi muda berjiwa demokratis dan berilmu,” katanya.
Wacana persyaratan calon Kepsek wajib memiliki KML telah disampaikan Ade dalam kegiatan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) pada 2018 yang dimulai Senin(27/8).
Kursus tersebut diikuti 42 pembina Pramuka serta KML. Kegiatan ini diharapkan menjadi referensi bagi pembinaan Pramuka di masing -masing Gudep, meningkatkan kualitas pemahaman tentang nilai-nilai kepramukaan.
Ade juga berharap dengan pemahaman yang menyeluruh ini, sekilah dapat mengoptimalkan peran Pramuka dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berguna dalam menangkal kenakalan remaja, melahirkan generasi yang berilmu dan bertaqwa. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − three =