Camat Resmi Buka Musrenbang Kecamatan Lima Kaum

Tanahdatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Musrenbang Kecamatan Lima Kaum, dihadiri dua anggota DPRD Tanah Datar masing-masing Adrijinil Simabura dan Abu Bakar yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Kantor Camat setempat, Kamis (27/02/2020), yang dibuka secara resmi oleh Camat Lima Kaum Drs. Hendra Setiawan.

Camat Hendra Setiawan dalam kesempatan tersebut selain menyampaikan realisasi penggunaan anggaran dari masing-masing nagari juga menyampaikan tentang 10 program prioritas bidang fisik dan prasarana, 10 prioritas bidang ekonomi serta 10 prioritas bidang pemerintahan dan sosial budaya.

Sementara Kepala Baperlitbang Tanah Datar Drs.Alfian Jamrah, M.Si selaku Ketua Tim Musrenbang mengatakan, Musrenbang Kecamatan adalah salah satu langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan perencanaan kabupaten.

Perencanaan pembangunan itu ada yang disebut dengan bottom up atau mambusek dari bumi. Kemudian ada rencana dari atas atau top down atau manitiak dari langik, nanti bertemunya di Musrenbang Kabupaten.

“Dalam perencanaan janganlah membuat daftar keinginan tapi adalah daftar kebutuhan atau yang benar-benar dibutuhkan. Supaya dapat lebih tepat sasaran, bermanfaat efektif dan efisien,” kata Alfian menambahkan.

Ia mengakui, Kabupaten Tanah Datar saat ini anggarannya sangat terbatas sekali dan harus direncanakan sebaik mungkin, tidak hanya untuk pembangun fisik prasarana tapi juga non fisik perekonomian dan produktifitas.

“RPJMD 2016 2021 sudah tercapai 80 s/d 100 persen, kita upayakan tahun 2020 dan 2021 bisa dituntaskan,” tutur Alfian.

Ia mengusulkan agar Kecamatan Lima Kaum bisa mencari icon pembangunannya. Misal menjadi daerah pendidikan karena di sini terdapat IAIN Batusangkar dan tempat lahir PTPG atau UNP sekarang ini.(Myt)