Capaian Imunisasi MR Palangka Raya 61 Persen

Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Pencapaian imunisasi campak atau measles dan rubela (MR) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah  sebanyak 61 persen.
“Sampai saat ini capaian imunisasi MR yang kami lakukan 61,8 persen,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya Andjar Hari Purnomodi, Senin.
Menurut Andjar sebelumnya pihak Dinas Kesehatan “Kota Cantik” menargetkan capaian imuniasi MR selama pelaksanaan program itu sebanyak 65.703 sasaran.
“Untuk pelaksanaan MR kita tetap berupaya melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat, agar pada sisa beberapa hari pelaksanaan program ini semakin banyak masyarakat yang terlibat,” katanya.
Dia mengaku sampai saat ini sebagian masyarakat di kota setempat masih menolak dilakukan imunisasi MR terhadap angggota keluarga yang masuk kategori sasaran.
Diantara alasan penolakan itu karena ketakutan vaksin akan berdampak negatif terhadap anak, kemudian juga kurang pahamnya masyarakat terkait program dan manfaat vaksin MR.

  “Sesuai petunjuk Menkes, kami tetap berupaya memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat manfaat imunisasi MR,” kata dia.
Ia menambahkan, program vaksin MR di ibu kota Kalteng  ini dilaksanakan pada Agustus-September 2018.
Imunisasi MR bertujuan membentuk imunitas kelompok sehingga dapat mengurangi transmisi virus ke usia yang lebih dewasa serta melindungi kelompok usia tersebut ketika memasuki usia dewasa.
“Pelaksanaan imunisasi di Palangka Raya ini merupakan kampanye tahap ke-2 di Indonesia yang mana tahap pertama telah dilaksanakan tahun lalu di Pulau Jawa,” ujarnya.
Pihaknya mengajak masyarakat yang memiliki anak usia sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun, turut menyukseskan program tersebut dengan memastikan anak telah mendapat imunisasi MR.(anjas)

Leave a Reply