Capaian Imunisasi MRP Di Tolikara Rendah

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Capaian imunisasi measles-rubella dan polio (MRP) di Kabupaten Tolikara berada di urutan keempat terendah di Provinsi Papua.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Dinas Kesehatan Tolikara Constan Jikwa ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Senin, mengatakan capaian pemberian vaksin measles rubella dan polio  di Tolikara hingga pertengahan September terbilang masih rendah.
Data per 3 September, kata dia, capaian imunisasi MRP di Tolikara baru 11,6 persen dan berada di urutan keempat terendah se-Provinsi Papua.
“Salah satu kendalanya, sejumlah orang tua dan guru melarang pemberian vaksin tersebut bagi anak-anak,” ujarnya.

Banyak orang tua melarang anaknya divaksin akibat takut insiden yang menimpa salah satu siswa penderita epilepsi di Distrik Kurulu, Jayawijaya terulang.
Dia mengatakan, Dinas Kesehatan Tolikara melalui puskesmas telah   menggenjot kegiatan imunisasi MRP ini,  dimana petugas dengan sistem jemput bola turun langsung ke PAUD dan SD.
Hal serupa juga disampaikan dr Herdika Pareang dari Puskesmas Karubaga.
Menurut dia, walaupun sudah ada sosialisasi namun ketika petugas puskesmas turun langsung ke lapangan untuk memberikan vaksin MRP kepada anak-anak SD YPPGI Karubaga di Jalan Anggrek Hitam Karubaga banyak anak mau diimunisasi namun orang tuanya tidak megijinkan.
Padahal, tambah dia, program imunisasi MRP ini sangat baik demi menjaga  kekebalan tubuh terhadap penyakit  yang biasa menyerang anak-anak mulai  dari usia 9-15 tahun. (anjas)

Leave a Reply