Cuaca Ekstrem Landa Sejumlah Wilayah Sulteng

    Palu, jurnalsumatra.com – Cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir ini melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah sehingga mengakibatkan banjir.
Berdasarkan informasi dari BPBD Sulteng, Jumat, hujan lebat mengakibatkan banjir terjadi di Kabupaten Banggai.
Puluhan rumah warga Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai terendam banjir menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah itu selama beberapa hari terakhir.
Bencana banjir yang melanda sentra produksi beras terbesar di Kabupaten Banggai tersebut, langsung mendapat perhatian Bupati Herwin Yatim.
Bupati Herwin pada Kamis (5/7) meninjau lokasi banjir di daerahnya dan memberikan bantuan bahan makanan.
Beberapa daerah di Sulteng yang dilanda cuaca ekstrem sehingga perlu diwaspada masyarakat, antara lain di Kabupaten Morowali Utara, Poso, Parigi Moutong, Donggala, Tolitoli, Sigi, dan Kota Palu.
Di Kota Palu saban hari mulai pagi hingga malam hari diguyur hujan deras menyebabkan air dari drainase meluap di beberapa titik badan jalan dan halaman rumah warga tergenang.

Terlihat pula debit air Sungai Palu meningkat dan keruh menyusul hujan deras di hulu sungai.
Sungai yang berada di tengah-tengah kota berpotensi besar banjir karena terdapat tiga anak sungai yang bermuara di sungai itu.
Di pinggiran Sungai Palu sudah padat permukiman penduduk sehingga masyarakat perlu wasapada.
Beberapa kali banjir bandang di Sungai Palu dan airnya meluap ke permukiman warga di sejumlah wilayah, seperti di Kecamatan Palu Selatan dan Palu Barat.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu Presly Tampubolon mengatakan Palu termasuk daerah rawan banjir karena ada beberapa sungai.
Ada satu sungai besar dan tiga anak sungai. Kalau hujan deras biasanya terjadi banjir.
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat di beberapa wilayah rawan banjir untuk tetap siaga mengingat dalam beberapa hari ini, Palu diguyur hujan lebat.
Jika Palu diguyur hujan lebat dan di hulu sungai juga hujan deras, maka berpotensi besar terjadinya banjir.
BMKG setempat melaporkan dalam beberapa hari ini dan ke depan sejumlah wilayah di Provinsi Sulteng berpeluang besar diguyur hujan lebat.
Beberapa daerah yang selama ini rawan bencana alam banjir dan tanah longsor perlu meningkatkan kewaspadaan karena bencana datang dengan tiba-tiba.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =