Daging Ayam Di Buntok Alami Kelangkaan

     Buntok, Kalteng, jurnalsumatra.com – Daging ayam di kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengalami kelangkaan.
Pantauan Antara, di Pasar Sayur, dan Ikan (SAIK) Beringin Buntok, Senin siang, daging ayam sudah tidak ada yang menjualnya.
“Tadi pagi masih ada, namun sudah habis dibeli,” kata salah seorang pedagang daging ayam pada Pasar Sayur, dan Ikan Beringin Buntok, Fitria, Senin.
Ia menyampaikan, kosongnya daging ayam di pasaran ini, karena permintaan dari pembeli beberapa hari terakhir ini mengalami peningkatan dari biasanya.
“Selain itu juga, stok pasokan ayam yang didistribusikan dari wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) juga sudah habis, dan kemungkinan sore nanti sudah didistribusikan kembali oleh distributor,” tambah dia.

     Untuk harga daging ayam saat ini mengalami peningkatan 100 persen, biasanya dijual dengan harga Rp 35 ribu, dan kini sudah mencapai Rp 70 ribu perkilogramnya.
Sementara pantauan harga bahan pokok di pasar SAIK Beringin Buntok seperti harga bawang merah mengalami peningkatan harga dari Rp 40 ribu menjadi Rp 47 ribu/kilogramnya.
“Begitu juga dengan harga bawang putih juga sudah mencapai Rp 35 ribu/kilogramnya,” ujar Fitria.
Sedangkan harga telur ayam berkisar antara Rp 1.500 hingga Rp 1.800/butirnya.
Harga minyak goreng Rp 15 ribu per liternya, dan harga gula Rp 12 ribu dalam per kilogramnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 12 =