Dampak Covid-19 Polres Muaraenim Kewalahan Titipkan Tahanan

MuaraEnim, jurnalsumatra.com –  Polres Muara Enim sempat kewalahan dalam penitipan tahanan ke Lapas Klas II Muara Enim. Pasalnya pihak lapas menutup sementara pengiriman tahanan semenjak adanya wabah Virus Corona atau Covid-19. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus dari Wuhan China tersebut.

“Namun kalau untuk sekarang sudah bisa, tetap tahanannya harus diisolasi di Polres selama 14 hari, baru di kirim ke lapas, hal ini juga sudah kami koordinasikan kepada pihak polres,” kata Humas Lapas Klas ll B Muara Enim, Dailami, Rabu (08/04/2020).

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Doni Eka Saputra mengatakan, memang sebelumnya pihaknya merasa kesulitan dalam penitipan tahanan ke lapas.

“Ya kemari-kemarin, kami masi kesulitan dalam penitipan tahanan, mengingat lapas juga over kapasitas. Jadi hampir tahanan napi masih di Polres dan Polsek-Polsek Muara Enim, kurang lebih  sekitar 100 Napi,” ungkap Kapolres.

Kendati demikian, kata Kapolres, pihaknya akan tetap trus berkoordinasi dengan Lapas Muara Enim, untuk Tindak Pidana Khusus tetap diletakan di Lapas Muara Enim.

” Untuk Kasus tindak Pidana-Pidana Khusus seperti pembunuh yang ancamannya lebih dari 10 tahun, tetap kita koordinasi dengan pihak lapas, agar tetap kita titipkan ke Lapas Muara Enim,” singkatnya.(david)