Danau Ulak Lia Memiliki Pesona Tersembunyi

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menyajikan kekayaan alam, selain memiliki sumber daya alam berbagai jenis seperti batu bara, hutan, perkebunan, pasir, migas dan yang tak kalah menariknya tersembunyi sebuah danau Ulak Lia yang elok dipandang mata.

Tapi sayang nya sejauh ini belum ada tanda-tanda Pemkab mau mengundang investor untuk manfaatkan danau sebagai kawasan wisata air. Padahal masyarakat Muba sudah merindukan adanya kawasan wisata murah di kota mereka.

Berdasarkan pengamatan Jurnal Sumatra.com saat berkunjung, Danau Ulak Lia yang terletak di Kelurahan Soak Baru Sekayu, sangat tepat jika dijadikan kawasan wisata. Pinggiran danau yang dikelilingi pepohonan juga airnya yang terlihat tenang dan berkilau, membuat danau ini terlihat cantik laksana gadis pendiam dan anggun yang dapat memberi daya tarik bagi siapapun.

“Memang Danau Ulak Lia kerap dikunjungi, terutama kalangan para remaja, Mereka yang datang kesini itu, kebanyakan membawa fishing rod, tapi ada juga yang datang hanya sekedar melihat-lihat saja. Menurut saya potensi ini perlu dikelola dengan baik agar dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) serta mendorong kemajuan perekonomian masyarakat.

Jelas rencana sudah ada pada masyarakat, kalau Danau Ulak Lia menjadi tempat wisata. Seperti membuka warung makan, menjual souvenir, menyediakan jasa ojek, dan lain sebagainya.” Kata Ratih Rafika Sari (21) warga desa Rimba Ukur Sekayu saat dibincangi wartawan Jurnal Sumatra.com kemarin.

Gadis  imut yang baru saja meraih gelar serjana ini juga menjelaskan kalau masyarakat Muba sangat merinduhkan tempat wisata. “dari duluh setiap hari libur besar seperti hari raya dan menyambut tahun baru, warga muba terutama muda-mudi kerap pergi keluar daerah mencari hiburan. Pasalnya di Muba memang belum tersedia tempat wisata.”Ujarnya.  (Rafik Elyas)

Leave a Reply