Dandim Apel Hari Kesehatan Nasional

TanahDatar, Simbar, Jurnalsumatra.com – Selasa (12/11/2019) Pukul 08.00 Wib bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar. Telah dilaksanakan kegiatan apel bersama dan Upacara serta senam massal dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke – 55 tahun 2019 dengan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”.

Kegiatan Peringatan Hari Kesehatan dihadiri oleh, Wakil Bupati tanah datar H Zuldafri Darma SH, Dandim 0307/Tanah datar diwakili Kasdim 0307/TD Mayor Inf Munawar, Kapolres Tanah Datar diwakili Kasad Sabhara AKP M.R.Jhon, Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zendrianis M.Kes, Kepala RSUD Hanafiah Batusangkar Dr. Afrizal Hasan, Sekretaris Edward, SKM,MKM, Kabid Kesehatan Masyarakat Drs. Beni Warman, Kabid Pelayanan kesehatan Dr. Irwanto, Kabid Sumber Daya Kesehatan Purwanto, SP,MPH, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Roza Mardiah, S.Kep,M.Kep 

 Susunan tertib Upacara:

– Komandan Upacara memasuki lapangan Upacara

– Pembina upacara memasuki lapangan upacara

– Penghormatan umum

– Laporan komandan upacara

– Amanat

– Pembacaan doa

– Laporan komandan upacara

– Penghormatan Umum

– Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara

– Upacara selesai dilanjutkan penyerahan Mobil Operasional ambulance untuk puskesmas Rambatan 1  dan Puskesmas pariangan 

Amanat Menteri Kesehatan yang dibacakan Wakil Bupati Tanah Datar,

Hari Kesehatan Nasional ke 55 kali ini adalah generasi sehat Indonesia unggul sebagaimana yang telah di amanatkan oleh presiden dalam pelantikan kabinet Indonesia maju 2020-2024. Bahwa perhatian Pemerintah dalam kurun 5 tahun mendatang, diprioritaskan pembangunan sumber daya manusia.

Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia  bahwa ada 2 isu kesehatan utama harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas dan jaminan kesehatan nasional.

Sementara ada 2 isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan. Serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera di upayakan solusinya

Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan, pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan. Antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular 

Pada 5 tahun masa tugas Kabinet Indonesia Kerja 2015-2019, Pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar Yaitu Paradigma sehat Penguatan akses pelayanan kesehatan. Dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti Germas dan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga atau nusantara sehat.

Kita patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan dalam 5 tahun terakhir kian dirasakan manfaatnya. Namun kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan ditanah air. 

Dalam pelaksanaan tata kelolahnya saya minta pembangunan kesehatan didaerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelolah secara baik, benar dan bertanggung jawab, akuntabel, transparan, serta dengan sistim monitoring evaluasi yang ketat. 

Dalam perpektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan untuk mengefesiensikan tindakan tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu. 

Melalui momentum hari kesehatan nasional, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekat untuk memajukan bangsa. 

Atas nama pemerintah ijinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi tingginya kepada insan kesehatan diseluruh penjuru negeri. Terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektoral di pusat dan daerah serta seluru lapisan masyarakat yang telah membantu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun indonesia merdeka pada tahun 2024,  untuk menghantarkan indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera. 

Pukul 09.15 wib kegiatan apel bersama dan Upacara serta senam massal dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke – 55 tahun 2019 selesai 

Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman. 

Kegiatan ini untuk menciptakan kesadaran pentingnya pembangunan kesehatan oleh semua pihak serta mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.(MYt)