Dandim Putussibau : Pramuka Bentuk Generasi Muda Berakhlak

    Putussibau, Kalbar, jurnalsumatra.com – Komandan Kodim 1206/ Putussibau, Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto mengatakan kegiatan Pramuka merupakan kegiatan positif yang dapat menjadikan generasi muda memiliki akhlak mulia dan memiliki moral sebagai anak bangsa.
“Kegiatan kepramukaan itu sangatlah penting untuk membangun generasi muda membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriot serta menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa,” kata Ibnu di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin.
Dikatakan Ibnu, Kodim Putussibau memiliki binaan pramuka yaitu Pramuka Saka Wira Kartika, kepada anggota pramuka itu akan ditanamkan jiwa-jiwa yang memiliki peduli terhadap lingkungan keluarga, masyarakat, dan negara.
Sebagai bentuk pembinaan kata Ibnu, 105 pelajar anggota Pramuka Saka Wira Kartika dari SMA Kristen Setia melaksanakan bumi perkemahan di komplek Kodim 1206 Putussibau.

     Diharapkan gerakan pramuka sebagai generasi penerus bangsa serta bisa mengamalkan Trisatya dan Dasa Darma,” kata Ibnu.
Dijelaskan Ibnu, pada saat ini Bangsa Indonesia membutuhkan generasi muda yang berahklak dan bermoral untuk memerangi berbagai bentuk ancaman baik ancaman nyata maupun tidak nyata, seperti narkoba dan terorisme dan paham radikalisme.
Selain itu lanjutnya perkembangan teknologi menurut Ibnu merupakan ancaman serius apabila tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga generasi muda berperan untuk mencegah meluasnya informasi hoax yang dapat merusak keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI.
“Saya rasa melalui pramuka sebagai wadah yang tepat agar generasi muda memiliki jiwa patriot demi bangsa dan negara,” tegas Ibnu.(anjas)

Leave a Reply