Danramil Lahat dan Puskesmas Bangun Seribu Jamban

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Lantaran masih banyaknya ditemui masyarakat secara sembarangan membuang tinja. Baik, ke-kali maupun dipinggir Rel Kereta Api. Melihat kondisi ini membuat Danramil 405-12 Kota Lahat berkerjasama dengan UPT Puskesmas, memutar otak serta berpikir untuk mengantisifasi hal tersebut.

Sehingga, terpikirlah dua instansi ini untuk bekerjasama membuat Jamban di Senabing. Danramil 405-12/Kota Lahat Kapten Arh Mardin, SE dan Kepala UPT Puskesmas Senabing Ratna T. Am.Keb dibantu 5 orang dari Koramil serta 4 petugas dari Puskesmas. Rabu (28/2/2018), terus mebuat 1000 Jamban.

“Karena melihat kondisi tersebut, kami bekerjasama dengan UPT Puskesmas setempat mulai membangun Jamban, agar tidak ada lagi masyarakat membuang tinja disembarangan tempat lagi,” ungkap Danramil 405-12-Kota Lahat Kapten Arh Mardin, SE didampingi Kepala UPT Puskesmas Senabing Ratna T. Am.Keb, Rabu (28/2/2018).

Lebih jauh, ditambahkan Mardin, Alhamdulillah, lebih kurang sudah ada 16 unit Jamban telah dibangun. Sedangkan, program Puskesmas untuk 1000 Jamban dibangun dalam wilayah Lahat, akan terus dikejar sampai semuanya rampung.

“Intinya, kami sangat mendukung kerjasama Puskesmas untuk program 1000 Jamban diwilayah Lahat. Insya Allah berjalan lancar, diharapkan seluruh Puskesmas yang ada bisa seperti UPT Senabing, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak punya Jamban dan buang tinja sembarangan kedepannya,” pungkas Mardin. (Din)

Leave a Reply