Dansatgas Karhutla Patroli Udara

Palembang, Jurnalsumatra.com – Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla Sumsel yang juga menjabat sebagai Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono mendampingi Kasdam  II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, PSC.,M.Tr (Han)  serta Danlanud SMH Palembang
Kol. Pnb Heri Sutrisno melakukan patrol udara ke lokasi kebakaran lahan gambut di wilayah Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Rabu (21/8/2019)

Pada pukul 11.17 Wib Helikopter Patroli Udara yg membawa Dansatgas Karhutla beserta rombongan take off dari Lanud SMH Palembang menuju ke Bayung Lencir area. Sebelum menuju ke Bayung Lencir terlebih dahulu Helikopter BNPB dengan Capten Pilot Fiqih R tersebut berpatroli memutari lalulintas udara wilayah sekitar untuk memantau perkembangan titik api sepanjang rute lintasannya,dan akan mendarat di Lapangan Bola Dusun 5 Samarasa. Setiba di sana Dansatgas Karhutla dan Kasdam II/Swj  berkoordinasi dengan Satgas darat yang sedang berupaya memadamkan api dan mencari langkah yang akan diambil guna menyekat rambatan api,agar nantinya api dapat dilokalisir dan dapat dipadamkan.
Dilokasi lapangan pada saat ini telah terjun tim Satgas Gabungan yang terdiri dari anggota TNI,POLRI,Manggala Agni,Tagana dan dibantu oleh warga setempat dengan mengerahkan 19 alat berat untuk membuat sekat sekat dengan kelebaran 15 meter dan kedalaman 5 meteran dan mengalirkan air sepanjang sekat yang bertujuan untuk menghalau rambatan si jago merah.

Kebakaran lahan gambut di wilayah Bayung Lencir Muba ini sudah terjadi sejak beberapa hari  yang lalu hingga kini belum padam. Dimana lokasi kebakaran jauh dari pemukiman penduduk sehingga menyulitkan Tim Satgas Gabungan untuk melakukan pemadaman dikarenakan sulinya akses menuju lokasi dan sumber air pun jauh dari lokasi.

Berdasarkan pemantauan satgas darat dari personil koramil Bayung Lencir bahwa sektor barat lokasi kebakaran di wilayah Bayung Lencir akan dapat dipadamkan karena rambatan api akan terhenti  didepan kanal kecil.Dan untuk di bayung lincir  hely Water Bombing  diprioritaskan untuk pemadaman disektor timur dengan mengerahkan  2 helicopter.Dengan bantuan 2 Helicopter Water Bombing dan satgas darat harapannya api dapat dipadamkan,demikian penyampaian Danramil Bayung Lencir Kapten.inf.Suprayitno.(AmruJs)