Daya Tampung Unsri 6.000 Orang

Palembang, jurnalsumatra.com – Daya tampung Unsri tahun ini sebanyak 6.000 orang dan 30 persennya dari SNMPTN . Untuk pengumuman SNMPTN 2018 akan diumumkan pada 17 April pukul 17.00 WIB di laman web resmi panitia pusat http://snmptn.ac.id/ atau di 12 laman server mirror PTN salah satunya laman Universitas Sriwijaya di http://snmptn.unsri.ac.id/.

Pembantu Rektor 1 Unsri Zainuddin Nawawi mengatakan, pengumuman serentak online  SNMPTN pada  17 April dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan apa menggunakan sarana web smptn.ac.id atau 12 laman mirror di PTN yang salah satunya adalah Universitas Sriwijaya.” Yang diterima di Unsri untuk SNMPTN sebesar 30% dari daya tampung Unsri pada tahun ini 6.000 orang. Jadi sekitar 2. 058 siswa termasuk yang bidik misi 980 orang.  sore ini setelah diumumkan secara nasional kali akan dikirim datanya,” ucapnya saat konfrensi pers di ruang kerjanya, Selasa (17/4).

Zainudin menjelaskan,  setelah pengumuman ini Unsri akan peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN harus mengikuti verifikasi yang akan dilaksanakan 24-24 April. “Peserta harus melengkapi data portofolio untuk diverifikasi oleh panitia yang rencananya akan dimulai pada tanggal 24 sampai dengan 25 April. Dari 10 Fakultas itu akan kita tentukan dengan nanti setelah melihat berapa jumlah kuota fakultas yang diterima anggotanya. Jadi biar balance  bahwa bagi mahasiswa yang diterima lolos,  untuk mengikuti tahap selanjutnya memenuhi persyaratan yaitu pada Universitas,” bebernya.

Zainudin menjelaskan, untuk pelamar Bidikmisi mudah-mudahan janjinya kuota Bidikmisi kita itu sama seperti tahun 2017 yakni 980 orang. “Mahasiswanya Bidikmisi beasiswa yang termasuk diantaranya biaya-biaya hidup, waktu itu harusnya dapat diterima tidak lebih dari satu atau dua bulan. Biasanya sampai 3 bulan kemarin kan baru keluar. Nah bagi yang nanti lolos pada tahap pengumuman ini untuk menjadi calon penerima beasiswa Bidikmisi akan seperti biasanya akan dilakukan verifikasi juga yang bersangkutan tidak perlu datang melapor diri pada tanggal 24 dan 25 Mei 25 April,” paparnya.

Zainudin menambahkan,  ketika verifikasi pelamar Bidikmisi akan didatangi. Artinya verifikator tim yang ditugaskan oleh Rektor untuk melihat dua sisi pertama verifikasi data akademiknya raport semester 1 sampai 5. Kedua kemampuan secara ekonominya, secara ekonomi ternyata memenuhi persyaratan. Artinya yang bersangkutan pendapatan keluarga yang menanggung beban biaya untuk yang bertahan kuliah itu rata-rata di bawah Rp 750.000. Jadi kalau dapat 3 juta sebulan kalau tanggungannya itu 4 masih bisa menerima beasiswa Bidikmisi.

“Visitasi itu diharapkan selesai sebelum tanggal 27 dan 28 April 2018, penentuan siapakah yang lulus atau tidak untuk diterima menjadi mahasiswa diharapkan pada tanggal 30 tanggal 30 April pengumuman yang diterima di Unsri diumumkan. Sehingga pada tanggal 8 Mei yang bersangkutan sudah harus daftar ulang di Indralaya,  dengan membawa sebuah kelengkapan dan untuk pemeriksaan kesehatan dan narkoba.  Jadi itu yang akan dilakukan dalam tahapan penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN pengumuman hasil verifikasi dan informasi lainnya itu akan diumumkan melalui laman www.unsri.ac.id atau www.reg.unsri.ac.id,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 16 =