Demo Angkutan Umum Macetkan Ruas Jalan Surabaya

   Surabaya, jurnalsumatra.com – Demonstrasi yang dilakukan ratusan sopir angkutan umum dan para buruh di Kota Surabaya, Jatim memacetkan sejumlah ruas jalan protokol di kota tersebut, akibatnya beberapa kendaraan tidak bisa melaju dan harus berhenti di tengah jalan, Selasa.
Dari pantauan, kemacetan terparah terletak di Jalan Gubernur Suryo, hingga polisi terpaksa menutup aksesnya yang berimbas di beberapa ruas sekitarnya seperti jalan Basuki Rahmat, Jalan Urip Sumoharjo dan kawasan Jalan Tunjungan.
Beberapa petugas kepolisian juga terlihat mengantisipasi dengan mengarahkan kendaraan agar tidak masuk ke pusat kota atau kawasan Plaza Tunjungan dan sekitarnya, karena kemacetan tersebut.
Kemacetan terpantau mulai pukul 11.00 WIB hingga berita ini diturunkan (14.00 WIB), dan beberapa kendaraan terpaksa menghentikan lajunya di pinggir trotoar.
Demonstrasi ini merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya yang juga pernah dilakukan para sopir angkutan umum dan buruh.

     Koordinator Serikat Pekerja Transportasi Indonesia wilayah Jatim, Hamid mengatakan, demontrasi yang dilakukan untuk mendesak penetapan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait pembatasan angkutan berbasis aplikasi.
“Pergubnya sudah ada, dan telah disusun berdasarkan masukan dari para sopir angkot, namun belum ditetapkan,” ucapnya.
Hamid mengatakan, jumlah angkutan umum dan angkutan berbasis aplikasi di Surabaya sudah tidak seimbang, dengan angka angkutan berbasis aplikasi mencapai 30 ribu, namun jumlah angkutan umum di Surabaya hanya 3 ribu.(anjas)

Leave a Reply