Demokrat Rapat Finalisasi Usulan Revisi UU ORMAS

    Jakarta, jurnalsumatra.com  – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan partainya menggelar rapat internal pada Senin (30/10) untuk finalisasi usulan revisi Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan hasil disetujuinya Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 tahun 2017.
“Agenda Demokrat lakukan finalisasi usulan revisi UU Ormas, posisi hingga pagi ini sudah 90 persen sehingga insya Allah satu-dua jam ini kami tuntaskan,” kata Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin.
Dia mengatakan apabila finalisasi itu sudah selesai maka diperkirakan hari Senin atau Selasa (31/10) pagi, usulan Demokrat untuk revisi UU Ormas akan disampaikan kepada pemerintah dan DPR.
SBY mengatakan dalam pengambilan putusan Perppu Ormas pada 24 Oktober, Demokrat setuju kalau Perppu direvisi dan menolak kalau tidak direvisi terkait kandungan Perppu tersebut.
“Kenapa Perppu Ormas perlu direvisi, karena kalau langsung diberlakukan dan tidak ada penyempurnaan maka substansi UU tersebut ada yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan jiwa konstitusi Indonesia,” ujarnya.
Presiden ke-6 RI itu mengatakan partainya memperjuangkan revisi dan melakukan lobi dengan pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahko Kumolo dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.
Dia menjelaskan dalam pertemuan lobi itu, Demokrat mendapatkan jaminan/garansi bahwa pemerintah bersedia melakukan revisi UU Ormas dan Presiden Joko Widodo pun menegaskan bahwa pemerintah bersedia lakukan revisi.
“Lima hari sejak keputusan Paripurna diambil, Fraksi Demokrat di Komisi II DPR sudah menyiapkan revisi UU Ormas dan siap diteruskan kepada pemerintah serta DPR,” ujarnya.
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan mengatakan dalam rapat internal tersebut, akan dibahas mengenai sejumlah poin revisi UU Ormas dan berharap pemerintah merealisasikan janjinya untuk merevisi Undang-undang Ormas.
Syarief Hasan mengatakan bahwa Ketua Umum Demokrat, SBY telah menyampaikan aspirasinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta terkait revisi undang-undang Ormas itu.(anjas)

Leave a Reply