Deputi: BMKG Beri Informasi Gempabumi Cepat Akurat

    Palu, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkomitmen meningkatkan layanan informasi tentang gempabumi dan peringatan dini tsunami secara cepat dan akurat kepada masyarakat di daerah, termasuk di Provinsi Sulawesi Tengah.
“Hanya dalam hitungan menit, informasi gempabumi dan tsunami sudah disampaikan BMKG kepada masyarakat, termasuk untuk kepentingan media,” kata Deputi Bidang Geofisikan BMKG Pusat, Mohammad Sadly di sela-sela seminar sehari  Survei Kepuasan  Layanan Gempabumi dan Peringatan Tsunami yang berlangsung di Palu, Senin.
Dihadapan para peserta seminar yang terdiri atas mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Universitas Tadulako (Untad) Palu dan  stakholder, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Sadly mengatakan wajib bagi BMKG di daerah-daerah, termasuk di Palu dan umumnya Sulteng untuk memberikan informasi secepatnya, tepat dan akurat ketika terjadi gempabumi dan peringatan dini tsunami kepada semua pihak, termasuk masyarakat.
BMKG bertanggungjawab menyediakan dan menyampaikan data dan informasi serta peringatan dini kepada instansi terkait berkenaan dengan kondisi, kejadian atau potensi gempabumi dan tsuna, seismologi teknik, geopotensial dan tanda waktu.
Ia mengatakan beberaopa kegiatan yang mendukung dalam perjalanan tugas pokok dan fungsi BMKG di daerah ini telah dilaksanakan.
Misalkan dari aspek gempabumi dan tsunami, BMKG telah membangun sistem peringatan dini tsunami yang terdiri dari sistem monitoring, sistem pengolahan data dan diseminasi.
Moda diseminasi seperti SMS, fax, email, warning receiver system telah digunakan dalam sistem diseminasi informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami.
Hal itu untuk memastikan bahwa seluruh daerah yang terdampak gempabumi dan tsunami dapat segera mendapatkan informasi dan peringatan dini.
Ia menambahkan keberhasilan sistem peringatan dini tidak hanya diakui di tingkat nasional, tetapi berperan penting di tingkat internasional, dimana Indonesia bersama dengan India dan Australia saat ini telah menjadi Tsunami Service Provider atau penyedia peringatan dini tsunami bagi negara-negara di pesisir Samudera Hindia.
Dia juga mengatakan disamping itu, dalam upaya mitigasi bencana, BMKG telah menyelenggarakan serangkaian edukasi dan latihan di wilayah rawan gempabumi dan tsunami.
Latihan tersebut, kata dia, tidak hanya skala nasional, tetapi juga internasional dalam kegiatan rutin pelatihan peringatan dini tsunami dilakukan di negara-negara Samudera Hindia dan Pasifik.
Pemerintah saat ini sedang menggiatkan pembangunan infranstruktur hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Sulteng.
Karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah rawan gempabumi dan tsunami. Juga memiliki frekwensi kejadian petir yang cukup tinggi.
Sadly berharap dengan adanya seminar survei kepuasan layanan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Juga berharap para peserta dapat memberikan penilaian obyektif dan masukan yang membangun demi peningkatan pelayanan sebagai penyedia data dan informasi geofisika di daerah ini.(anjas)

Leave a Reply