Desa Kamasan Wakili Klungkung Dalam Lomba PKK

    Semarapura, jurnalsumatra.com – Desa Kamasan mendapat kepercayaan mewakili Kabupaten Klungkung dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Bali tahun 2017 yang penilaiannnya dilakukan tim yang dipimpin wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Dayu Sudikerta.
Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kamasan Ni Made Sukartini, Sabtu menjelaskan bahwa persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Persiapan diawali dengan mengadakan rapat, menyusul menyusun rencana kegiatan, penyebaran informasi ke masyarakat atas keikutsertaan Desa Kamasan pada lomba tersebut.
Program yang dilaksanakan antara lain kegiatan PKK, Posyandu melalui revitalisasi posyandu, serta pembinaan dan penyuluhan, program kependudukan dan KB, serta dibidang kesehatan dengan beberapa kegiatan di antaranya LBS, pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk, imunisasi, gizi, kesehtan ibu dan anak, promkes dan PHBS.
Jumlah penduduk di Desa Kamasan  sebanyak 1.073 kepala keluarga yang terdiri atas  4.303 jiwa terdiri atas laki-lali 2.069 jiwa dan perempuan 2.234 jiwa.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan apresiasi atas kedatangan  Tim Penilai Provinsi Bali yang menilai Desa Kamasan terkait lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, HKG dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).
Ia mengharapkan melalui lomba itu seluruh komponen desa dapat bersinergi dan menggunakan Gema Santi sebagai pedoman dalam melakukan semua kegiatan diharapkan dapat terlaksana dengan baik.

    “Dalam kegiatan lomba juara bukanlah hal yang utama dan juga lomba ini bukan paksaan, lomba ini adalah kebutuhan guna menuju masyarakat yang lebih baik. Lomba ini bukan paksaan, namun kebutuhan setiap desa supaya bisa mengevaluasi kekurangan dan bisa menjadi lebih baik nantinya,” ujar Bupati Suwirta
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika  dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Ny. Dayu Sudikerta mengatakan kegiatan Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, HKG dan BBGRM merupakan kegiatan terpadu yang diharapkan menjadi motor  penggerak partisipasi dari semua pihak dan menjadi wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan LSM.
Untuk lebih memacu kinerja dan menggairahkan kegiatan di lapangan, maka dalam lomba Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, HKG dan BBGRM tahun 2017/2018 terdiri dari sembilan jenis kategori, baik kategori Kabupaten maupun Kota.
Kegiatan tersebut antara lain lomba pelaksana terbaik tertib administrasi PKK, lomba terbaik pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih saying dalam keluarga.
Selain itu lomba pelaksanaan terbaik kelompok UP2K PKK, lomba pemanfaatan HATINYA PKK ( Halam Asri Teratur Indah dan Nyaman), lomba pelaksana terbaik IVA test, lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, lomba pelaksana terbaik posyandu, lomba pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga, dan yang terkahir lomba pelaksana terbaik lingkungan hidup bersih dan sehat.(anjas)

Leave a Reply