Desa Kapar Alokasikan Rp200 Juta Bentuk Bumdes

    Tanjung, jurnalsumatra.com – Pemerintahan Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengalokasikan Rp200 juta untuk membentuk badan usaha milik desa (Bumdes) guna meningkatkan pendapatan desa.
Direktur Bumdes Karya Mandiri Desa Kapar Erwansyah di Tanjung, Selasa, mengatakan pembangunan infrastruktur Bumdes dimulai 2018 menggunakan dana desa.
“Tahun ini Bumdes sudah terbentuk namun hanya sebatas persiapan sumber daya manusia melalui pelatihan dan 2018 baru beroperasi,” jelas Erwansyah.
Bumdes Karya Mandiri, ungkap Erwansyah, akan mengelola jenis usaha jasa berupa Bumdes Mart dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat maupun warga desa.
Erwansyah sendiri menjadi salah satu peserta bimbingan teknis Bumdes maupun Bumdes Mart yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerj bersama pengurus 57 Bumdes lainnya.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Syaiful Ikhwan menyampaikan bimbingan teknis ini untuk memberikan perbekalan dalam pengelolaan Bumdes maupun Bumdes Mart.

    “Pemerintah daerah menargetkan 121 desa di Tabalong bisa mengembangkan Bumdes maupun Bumdes Mart dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat,” jelas Syaiful.
Bimbingan teknis Bumdes sendiri dibuka oleh Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamidah Mumawarah dan menyampaikan dengan terbentuknya Bumdes setidaknya desa secara mandiri meningkatkan ekonomi lokal.     “Tiap desa bisa memanfaatkan potensi lokalnya dalam mengembangkan usahanya termasuk melalui pembentukan Bumdes dan Bumdes Mart,” jelas Hamida.
Bimbingan teknis sendiri dilaksanakan dalam dua kelompok masing-masing tiga hari sejak 9 sampai 11 Nopember 2017 untuk angkatan pertama dan angkatan kedua 14 sampai 16 November 2017.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − thirteen =