Desa Lubuk Sepang dan Perigi Kucurkan BLT Tahap II

Lahat, jurnalsumatra.com – Penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) yang dikucurkan melalui Dana Desa (DD), pada Senin (06/07/2020), dilakukan oleh Pemerintahan di Dua Desa yakni, Desa Lubuk Sepang dan Desa Perigi Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Acara pembagian BLT dari DD tahun 2020 sebesar Rp.600.000′- perkepala keluarga (KK) itu, dilaksanakan sejak pukul 09.15 WIB sampai dengan pukul 11.40 WIB yang langsung diberikan oleh Kepala Desa (Kades) Lubuk Sepang dan Kades Desa Perigi Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat, kepada perwakilan warga yang berhak menerima BLT dari DD tersebut.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) Tahun 2020 itu diantaranya, Camat Pulau Pinang Darmi Valentina BA, Danramil 07 Kapten Inf Efendi Simarmata, Kapolsek Pulau Pinang IPTU Husin, Sekcam Pulau Pinang, Sekretaris BPMDesa Lahat, Babinsa dan Babinkantibmas, Ketua BPD kedua Desa, serta warga yang menerima BLT dari DD.

Untuk penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) Tahun 2020 tahap II ini, Desa Lubuk Sepang sebanyak 7 orang Kepala Keluarga (KK). Sedangkan, Desa Perigi sebanyak 31 orang Kepala Keluarga (KK).

Kepala Desa (Kades) Perigi, Budi Indra Irawan menegaskan, bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) ini sejumlah 600 ribu perbulan selama tiga bulan dan 300 ribu perbulan selama tiga bulan selanjutnya perkepala keluarga (KK).

“Perlu kami sampaikan kepada penerima BLT dari DD, bantuan yang ini untuk perkepala keluarga (KK) bukan perorang. Meskipun ada dua orang yang membutuhkan bantuan, akan tetapi, tetap akan kami berikan untuk 1 KK. dan tidak bisa menerima BLT apabila warga yang lain telah mendapat bantuan lainnya,” ujar Kades Perigi Kecamatan Pulau Pinang Lahat.

Camat Pulau Pinang Darmi Valentina BA menyampaikan, dihimbau bagi warga yang mendapat bantuan langsung tunai (BLT) dari DD tahun 2020 dapat dipergunakan dengan sebaik baiknya.

“Pembagian BLT dari DD ini sudah memasuki tahap II. Sehingga, kami berharap uang sebesar Rp.600.000′- tersebut, dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Karena, kita belum tahu kapan akan berakhirnya penyebaran virus corona atau covid-19,” ujar Camat.

Sementara, sambutan dari Danramil 07 Kapten Inf Efendi Simarmata mengatakan, tujuan kedatangan pihak Koramil dan Polsek beserta jajaran untuk mengamankan kegiatan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) agar tidak ada keributan dan kejadian yang tidak diinginkan.

Tidak itu saja, sambung Efendi Simarmata, selain menjaga keamanan dan ketertiban juga memastikan ketransparanan agar tidak timbul kecurigaan dari warga, terutama yang tidak masuk dalam daftar Pembagian BLT dari DD ini.

“Intinya, tugas kami untuk menjaga keamanan dan keutuhan. Kami tidak ingin di Desa terjadi gejolak dan menjadi pusat pemberitaan yang tidak pantas didengar. Seperti desa desa yang pernah terjadi keributan sampai menimbulkan korban. Itulah wujud kami dari pihak keamanan warga binaan kami,” himbau Danramil.

Kreteria penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun 2020 berdasarkan Permendes Nomor 6 Tahun 2020. Selama pembagian BLT berlangsung aman dan kondusif. Selesai kegiatan penyerahan BLT dari DD dilanjutkan acara ramah tama terhadap masyarakat yang ada. (Din)