Desa Tanjung Mas Terjangkiti KLB DBD


OKUTimur, jurnalsumatra.com – Wabah penyakit Demam berdarah atau DBD menjangkiti Desa Tanjung Mas Kecamatan Buay Madang Timur( BMT) Kabupaten OKU Timur Secara Kejadian Luar Biasa (KLB).

Data yang di himpun dari keterangan Kepala Desa Tanjung Mas Sumadi pada hari Jum’at (5/7/2019)mengatakan pada salah satu media Bahwa warga yang kena gejala DBD atau demam berdarah berjumlah 41 warga,7 orang positif dinyatakan kena DBD 2 orang meninggal dunia,dan yang lainya baru dinyatakan gejala terang Kades terpilih tersebut.

untuk penanganannya, lanjut Kades, sebagian besar hanya menjalani perawatan rumah karena terkendala biaya dan uji lab. Makanya ia berharap agar ada bantuan untuk biaya pengobatan terhadap korban.

“Supaya tuntas agar pengobatan korban dapat ditanggulangi oleh pemerintah, karena sebagian dari mereka merupakan keluarga tidak mampu dan hanya bisa mendapatkan perawatan rumah 

Sementara   itu pihak Rumah Sakit Islam Takwa Belitang membenarkan jika ada dua warga dari Desa Tanjung Mas yang meninggal karena Demam Berdarah.

Warga yang meninggal tersebut adalah Galuh Saputra (9) th Bin Nuri warga kampung 1 dan Munanto(55) th Bin Safari warga kampung 2.

Kades Sumadi juga menambahkan bahasanya Camat Buay Madang Timur Sutrisno MM dan dari pihak Puskesmas 

BK 3 sudah mengunjungi Desa Tanjung Mas begitu juga dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten juga pernah berkunjung ke Desa Tanjung Mas yang yang di kepalai langsung oleh kepala Dinas Zaenal SSIT,MM di dampingi oleh 8 Dokter langsung memberikan penyuluhan dan membagikan Obat Bubuk Abate dan segera memerintahkan Dinas terkait untuk melakukan pengasapan atau fogging ke daerah yang terjangkit khusus nya kampung 1 dan kampung 2 Desa Tanjung Mas.(Iwn)