Di Cirebon Rekam KTP-El Bisa Malam Hari

     Cirebon, jurnalsumatra.com – Masyarakat Kota Cirebon, Jawa Barat, saat ini bisa melakukan perekaman data untuk KTP elektronik pada malam hari, itu merupakan pelayanan kepada warga yang sibuk bekerja di siang hari.
“Saat ini kami bekerja sama dengan Kecamatan, Kelurahan dan RW untuk melakukan perekaman KTP elektronik di sejumlah baperkam di malam hari,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cirebon, Eli Haryati di Cirebon, Senin.
Dengan terobosan yang mereka lakukan, Eli berharap pelayanan kepada warga lebih dekat dan warga yang sibuk bekerja di siang hari bisa segera mendapatkan KTP elektronik dengan mendaftar di lingkungan mereka pada malam hari.
“Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Cirebon,” tuturnya.
Sebenarnya, lanjut Eli pelayanan pembuatan KTP elektronik tidak hanya dilakukan di kantor Disdukcapil saja.

Akan tetapi juga bisa melalui Kecamatan, Kelurahan dan bahkan hingga tingkat RW, hal ini untuk memberikan pelayanan yang lebih kepada warga.
Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Sanusi mengatakan sudah beberapa bulan menerapakan ‘one day service’ dimana masyarakat bisa membuat kartu penduduk sehari jadi.
“Begitu hari ini mendaftar, besok sudah bisa didapatkan,” kata Sanusi.
Menurutnya penerapan ‘one day service’ sejak April lalu, hal ini upaya untuk melayani masyarakat yang ingin membuat kartu penduduk.
Sanusi mengatakan pelayanan itu, khusus untuk warga Kota Cirebon yang melakukan perekaman dan pendaftaran di kantor Disdukcapil.
“Karena itu, kami melakukan sejumlah strategi agar bisa memenuhi ‘one day service’ tersebut,” ujarnya.
Strategi yang digunakan kata Sanusi, salah satunya dengan menerapkan kuota bagi mereka yang mendaftar di kantor Disdukcapil. (anjas)

Leave a Reply