Di RSUD OI Deteksi TB Kurang Dari Satu Jam

INDRALAYA, jurnalsumatra- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Bumi Caram Seguguk, mulai dari peningkatan infrastruktur hingga fasilitas kesehatan. Terbaru RSUD menyediakan alat pendeteksi Tuberculosis (TB) yang mana dengan alat ini pasien Suspek TB dapat diketahui kurang dari satu jam.

Alat Pendeteksi Tes Cepat Molekuler (TCM) satu-satunya di Ogan Ilir  dan bisa diakses oleh masyarakat dengan gratis tanpa dipungut biaya selain itu juga tingkat akurasi alat ini mendeteksi TB dan TB Resisten mencapai 98 persen.

Hal ini yang dikatakan oleh Direktur RSUD Kabupaten OI dr Roretta Arta Guna Riama, Senin (15/10/2018) pihaknya akan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hal ini juga sesuai dengan instruksi Bupati OI Ilyas Panji Alam SH,SE,MM untuk terus memberikan pelayanan prima kepada pasien dan kelurga pasien.

Lebih lanjut Roretta mengatakan Dengan pemeriksaan menggunakan alat ini, dokter bisa mendeteksi adanya infeksi TB dalam tubuh pasien hanya 90 menit. Pemeriksaan ini cenderung lebih praktis dibandingkan dengan tes sputum mikroskopik atau tes dahak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil.

“Cara kerja TCM jauh lebih akurat dari pada metode konvensional dengan memeriksa sputum di bawah mikroskop karena mesin langsung meneliti dan mengurai DNA bakteri dan semoga alat ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh Warga Kabupaten Ogan Ilir” Pungkasnya. (Edi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =