Diduga Kisruh Pemilihan BPD Sudah Terjawab


Lahat, jurnalsumatra.com – Kisruh pemilihan Badan Pemerintahan Desa (BPD) desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, akhirnya terjawab sudah. Awalnya, pemilihan BPD yang dinilai masyarakat penuh syarat KKN, malam Minggu akan menggumpulkan para calon anggota BPD untuk melaksanakan pemilihan ulang.

“Insya Allah, kalau tidak ada ara melintag malam Minggu ini bakal kita kumpul ulang guna untuk merencanakan pemilihan ulang lagi, sesuai aturan yang berlaku,” kata kepala desa (Kades) desa Tanjung Payang, Muhammad Heru, Kamis (14/2/2019).

Ia menjelaskan, awalnya pemilihan yang dilakukan oleh panitia menggunakan aturan lama. Yang selama ini dinilai tidak menuai masalah. Tapi, belakangan diketahui pemilih BPD itu, cacat hukum sehingga, dirinya memanggil para panitia untuk membatal hasil pemilihan sementara.

“Intinya, malam minggu (16/2/2019) sekitar pukul 19.30 WIB bakal digelar kembali rapat digedung serba guna Desa Tanjung Payang, untuk memanggil para calon BPD sesuai dengan petunjuk dan arahan pihak Kecamatan dan BPMDesa,” tambahnya. Seraya menambahkan, demi Allah kalau pemilihan tersebut, 

Sementara panitia pemilihan BPD Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, Harun Nurasit menjelaskan, setelah sempat dilakukan pemilihan serta sempat ribut dan dinilai para panitia ada kongkalingkong, sehingga, kami dari panitia ingin menipis isu yang tersebar ditengah tengah masyarakat itu.

“Jadi, berdasarkan perintah kepala desa kami dari panitia akan melakukan pengumpul para calon BPD dalam rangka untuk mengadakan pemilihan ulang sesegera mungkin,” ungkap Harun.

Dikatakan Harun, pihaknya melakukan pemilihan awal dikarenakan masa jabatan BPD Desa Tanjung Payang yang sekarang akan berakhir. Oleh sebab itu, kami panitia mempersiapkan dan benar telah melakukan pemilih, namun, belum diumumkan hasilnya.

“Yang jelas hasil itu belum kami umumkan atau syahkan. Karena, menunggu dari kritik dan sran dari masyarakat Tanjung Payang, serta saran dari instansi terkait,” tutur Harun. (Din)

Leave a Reply