Dikbudpora Gelar Pelatihan Pendidikan Keluarga

     Gorontalo, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo menggelar Pelatihan Pendidikan Keluarga kepada 60 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)-Sekolah Dasar (SD) seluruh kabupaten dan kota.
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah yang menjadi pemateri, Jumat, menilai bahwa komunikasi yang baik adalah kunci keharmonisan dalam rumah tangga.
Menurutnya ketika komunikasi dalam keluarga tidak terjalin dengan baik, maka peluang terjadinya kesalahpahaman akan terbuka.

“Kesalahpahaman biasanya muncul dari komunikasi yang tidak berjalan baik. Antara suami dan istri saling curiga, saling berfikir negatif yang berujung pada pertikaian,” katanya di Gorontalo.
Komunikasi juga penting untuk anak-anak di rumah. Menegur anak dengan nada suara tinggi menurutnya bukan cara yang tepat dalam mendidik anak.
“Ketika memberi nasehat jangan menggurui anak-anak tapi kita beri mereka bimbingan sehingga anak-anak merasa nyaman saat mendengarkan apa yang kita utarakan,” jelasnya.
Ia berharap orang tua tetap menjalin komunikasi dengan anak, meski didera berbagai kesibukan pekerjaan.      Orang tua juga diminta menjadi pendengar yang baik, musyawarah dalam keluarga dan makan malam bersama merupakan beberapa cara yang efektif untuk membina komunikasi dalam keluarga.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + fifteen =