Diklat Berjenjang Pendidik PAUD Desa Condongcatur

SLEMAN, Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Bertempat di ruang Wacana Loka Kantor Desa Condongcatur, Depok, Sleman, pada 24-29 September 2018 digelar diklat berjenjang tingkat dasar bagi pendidik PAUD, diikuti 72 orang pendidik di Kecamatan Depok dan kecamatan lain se-Kabupaten Sleman.

Dengan semakin berkembangnya jumlah lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), membuat semakin meningkatnya tingkat persaingan kompetensi antarlembaga.

Dan, hanya lembaga yang kuat — baik dari segi sumber daya manusia (SDM) dan pendukungnya — yang akan bisa bertahan dan mampu bersaing dengan lembaga besar lainnya.

Tidak semua lembaga PAUD di desa Condongcatur kuat dari hal finansial. “Sehingga dibutuhkan dukungan stakeholder terkait untuk membantu meningkatkan kualitas lembaganya,” kata Reno Chandra Sangaji, Kepala Desa Condongcatur, Senin (24/9/2018).

Tujuan  diklat tingkat dasar bagi pendidik PAUD ini, menurut Reno Chandra Sangaji, untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD di Desa Condongcatur. “Dan meningkatkan peran serta desa sebagai mitra di dunia pendidikan,” terang Reno.

Adapun manfaat dari kegiatan ini untuk meringankan pendidik dalam upaya peningkatan kompetensinya. Juga meningkatkan peran serta Pemerintah Desa Condongcatur dalam pembangunan nonfisik.

Menurut Kades Condongcatur, pembiayaan untuk pendidik satuan PAUD sejenis (SPS) dan Pos PAUD Desa Condongcatur dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Desa Condongcatur dan stake holder pendukung, meliputi Pemerintah Desa Condongcatur, paguyuban PAUD Desa Condongcatur, UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Depok, Penilik PAUD Kecamatan Depok dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Depok.

“Adapun sasaran kegiatan ini adalah seluruh pendidik SPS dan pos PAUD Desa Condongcatur,” terang Reno.

Seperti diterangkan Reno, SPS yang ada di wilayah Desa Condongcatur meliputi: SPS Asparagus II Babadan Baru, SPS Nurul Huda Joho, SPS Teratai RW 22 Perumnas Condongcatur, SPS Sekar Melati Ngropoh, SPS Teratai Indah Dabag, SPS Tunas Bangsa Pringwulung, SPS Insan Mulia Gandok, SPS Mutiara Bunda Karanggasem, SPS Aisyiyah Adiba Gempol, Asparagus Kentungan dan SPS Tunas Melati Soropadan.

Selain itu juga ada TK PKK Harapan Gorongan, TK PKK Tunas Bakti Kayen dan TK  PKK Tunas Harapan Gandok. (Affan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =