Dinas Pendidikan Mataram Distribusikan Soal USBN

     Mataram, jurnalsumatra.com –  Dinas Pendidikan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mulai mendistribusikan soal dan lembar jawaban kepada sekolah pelaksana ujian sekolah berbasis nasional (USBN) di kota itu.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram H Sudenom di Mataram, Rabu, mengatakan jumlah pelaksana USBN tercatat 188 sekolah yang tersebar di enam kecamatan.
“Hari ini setiap sekolah dipastikan sudah menerima lembar soal dan jawaban USBN, karena besok (Kamis 3/5) USBN dimulai sampai Sabtu (5/5),” katanya.
Menurutnya, dalam pendistribusian lembar soal dan jawaban untuk USBN tersebut, tidak dilakukan pengawalan oleh aparat kepolisian seperti halnya pengiriman bahan ujian nasional kertas pensil (UNKP) pada tingkat SMP/MTs.

“Meski demikian, kita berharap tidak terjadi kebocoran soal atau hal-hal yang dapat mengganggu pelaksanaan USBN,” katanya.
Lebih jauh Sudenom menyebutkan, jumlah peserta USBN di Kota Mataram tercatat sebanyak 7.670 siswa tingkat SD/MI.
Dikatakan, untuk pelaksanaan USBN 2018 masih mengujikan tiga mata pelajaran, yakni matematika, bahasa Indonesia dan ilmu pengetahuan alam.
“Jadi untuk memasukkan mata pelajaran olah raga dalam USBN masih sebatas wacana, belum ada pembahasan lebih intensif,” katanya.
Sudenom mengatakan, peserta USBN SD/MI sebelumnya sudah mengikuti ujian sekolah (US) pada 28 dan 30 April 2018. “Sementara untuk USBN susulan, tidak dijadwalkan,” katanya.
Ia mengatakan, tidak dijadwalkannya USBN susulan karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya tidak pernah ada satupun siswa yang ikut USBN susulan.(anjas)

Leave a Reply