Dinas Pertanian Jamin Stok Daging Aman

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Pihak dinas Pertanian Kabupaten Lahat menjamin ketersediaan daging hewan ternak seperti daging sapi menjelang pelaksanaan hari raya Idul Adha tahun ini Aman.

“Insya Allah, untuk stok sendiri Kita jamin aman. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan ternak potong yang mengalami kelangkaan seperti yang terjadi di sejumlah daerah lainnya di Indonesia,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir H Agustia BUdiman MM, Kamis (9/8/2018), kemarin.

Menurutnya, sedangkan terkait masalah kesehatan hewan kurban di Lahat, hewan ternak wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dipotong.

“Semua itu bertujuan untuk memastikan apakah hewan kurban yang di potong dan dbeli masyarakat benar-benar sehat, atau sebaliknya, ” tegas lugas.

Dijelaskannya, jika dari hasil pemeriksaan petugas Dinas Pertanian Lahat ternyata hewan kurban milik masyarakat mengidap penyakit, maka hewan tersebut dilarang untuk dipotong karena tidak aman untuk dikonsumsi.

Sementara itu Kabid Peternakan, Nursiwan menyatakan pihaknya terus melakukan pemeriksaan kesehatan setiap hewan kurban yang ada di daerah Lahat.

“Itu kami lakukan agar semua hewan kurban di Lahat bebas dari penyakit. Oleh karenanya, tim tetap kita terjunkan kelapangan, guna melakulan pemeriksaan terhadap hewan tersebut, ” ujar Nursiwan. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 20 =