Dinkes : 13.487 Warga Mukomuko Menderita ISPA

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sepanjang 2017 sebanyak 13.487 warga setempat menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), atau menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 14.844 orang.
“Sebanyak 13.844 warga setempat yang menderita ISPA tersebar di 15 kecamatan di daerah ini. Paling banyak di Kecamatan Ipuh sebanyak 2.192 orang dan paling sedikit di Kecamatan Selagan Raya sebanyak 204 orang,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Nenwidiyarti, di Mukomuko, Selasa.
Ia menilai, faktor lingkungan yang tidak bersih di daerah itu menjadi salah satu menyebabkan warga setempat terkena penyakit ISPA, selain cuaca ekstrem dan asap pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO.

     Untuk itu, ia menyatakan, warga  masyarakat setempat harus menyadari penting menjaga  kebersihan diri dan lingkungannya agar terhindar dari penyakit ISPA.
“Selain itu warga juga harus menjaga pola makan agar tahan terhadap berbagai penyakit, terutama ISPA,” ujarnya.
Ia menyatakan, selama ini instansinya melalui puskesmas rutin memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang cara menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit kepada warga setempat.
Selama ini, ia mengatakan, instansinya melalui puskesmas setempat belum memberikan pembinaan ke seluruh pabrik CPO di daerah itu. Padahal salah satu faktor penyebab penyakit ISPA dari asap pabrik
“Kami akan berkoordinasi dengan  ke seluruh pabrik terkait solusi untuk mencegah warga terkena asap pabrik ” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − sixteen =