Dinkes Bangka Ajak Masyarakat Kampanye Imunisasi MR

     Sungailiat, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat di daerah itu untuk turut mengampanyekan program imunisasi Measles Rubella.
“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama yang mempunyai anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun untuk turut mengampanyekan program imunisasi Measles Rubella (MR) guna mencegah penyalit campak dan rubela pada anak,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Harmendo di Sungailiat, Selasa.
Kegiatan imunisasi MR merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan yang ditindaklanjuti seluruh daerah di Indonesia.
Data menunjukkan 85 persen kasus campak serta 70 persen kasus rubela pada kelompok anak usia lebih kurang 15 tahun.

Pemberian imunisasi MR pada kelompok usia itu untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubela secara cepat, memutuskan transmisi virus, menurunkan angka kesakitan, menurunkan angka kejadian campak dan rubela, serta mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubela pada 2020.
“Periode pelaksanaan kampanye MR kami laksanakan pada bulan Agustus sampai September 2018,” katanya.
Khusus pada Agustus, kegiatan dilakukan dengan pemberian imunisasi pada anak sekolah mulai tingkat PAUD sampai SMP.
“Sedangkan kegiatan yang sama pada bulan September dilaksanakan di puskesmas, posyandu, dan rumah sakit,” katanya.
Kampenye imunisasi MR melibatkan tim dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, pembina UKS, dan lembaga terkait lainnya.(anjas)

Leave a Reply