Dinkes Biak Intensifkan Imunisasi Anak Balita

    Biak, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Papua mengintensifkan pemberian  imunisasi bagi anak-anak dan balita untuk mengurangi penyebaran penyakit.
“Kami rutin  memberikan imunisasi di tempat puskesmas maupun posyandu yang tersebar di Kabupaten Biak Numfor. Untuk penanganan imunisasi dilakukan oleh dokter dari puskesmas setempat,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Biak Agus Filma di Biak, Sabtu.
Ia mengatakan imunisasi  diharapkan menyentuh seluruh lapisan masyarakat berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor.
Melalui pemberian imunisasi ini, kata Agus Filma, diharapkan warga dapat memanfaatkan kegiatan pemberian imunisasi kepada anak-anak, sekaligus sebagai pelengkap imunisasi sebelumnya sehingga daya tahan tubuhnya dapat lebih kuat menghadapi virus penyakit tersebut.
Disinggung hasil pekan imunisasi 2017, menurut Agus Filma, Kabupaten Biak Numfor masuk dalam pencapaian baik dan tertinggi hingga di atas 70 persen.

    Dinas kesehatan Biak terus mendorong gerakan masyarakat hidup sehat dalam lingkungan keluarga dalam upaya berperan nyata untuk mencegah penularan berbagai penyakit bagi anak-anak dan balita,” katanya.
Dinas Kesehatan Biak, menurut Agus, sudah mengalakkan sosialisasi tentang program gerakan masyarakat hidup sehat (germas).
Dengan program germas, menurutnya, warga diajarkan pola  untuk hidup sehat serta dapat berperan nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan yang sehat.
Sebanyak 21 Puskesmas di Kabupaten Biak Numfor dilengkapi dengan petugas analis laboratorium serta tenaga promosi kesehatan dan gizi untuk mendorong program Germas di berbagai kampung dan distrik.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 15 =