Dinkes DIY Jamin Ketersediaan Obat Musim Hujan

     Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin ketersediaan obat di seluruh puskesmas di wilayah itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berpotensi meningkat selama musim hujan.
“Kami melihat ‘buffer stock’ obat-obatan kita yang ada di kabupaten/kota mencukupi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaning Astutie di Yogyakarta, Kamis.
Persediaan obat di kawasan titik pengungsian, menurut dia, juga mencukupi. Untuk memastikan ketersediaan obat koordinasi dengan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di kabupaten/kota.
Selain menjamin ketersediaan obat, menurut Pembajun, jumlah tenaga kesehatan puskesmas yang tersebar di puskesmas lima kabupaten/kota juga memadai.
“Seluruh puskesmas busa memberikan pelayanan dan semuanya membuka pelayanan selama 24 jam,” kata dia.

         Seiring dengan masih tingginya curah hujan di DIY, Pembajun berharap masyarakat mewaspadai sejumlah penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan.
“Masyarakat kami himbau mewaspadai penyakit yang biasanya timbul seperti leptospirosis, demam berdarah, ispa, serta tipes,” kata dia.
Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Warjiyani juga memastikan ketersediaan darah aman hingga akhir Desember 2017.
Warjiyani mengatakan selain persediaan kantong darah aman, pada Desember 2017 masih akan ditambah dengan banyaknya lembaga atau instansi yang mengajukan pelaksanaan donor darah massal.
“Masing-masing instansi dan lembaga ada yang menargetkan 100 kantong hingga 1.000 kantong darah,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply