Dinkes: Empat Warga Mukomuko Positif DBD

    Mukomuko, jurnlsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mencatat sejak dua pekan terakhir empat warga setempat positif terjangkit demam berdarah dengue (DBD).
“Empat orang warga ini tersebar di dua wilayah di daerah itu,” kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Nenwidiyarti melalui Petugas Monitoring dan Evaluasi Global Fund (GF) Ruli Herlindo di Mukomuko, Rabu (17/1).
Ia menyebutkan bahwa tiga di antara empat penderita DBD itu adalah warga Desa Lubuk Sanai dan satu orang lainnya warga Kecamatan Selagan Raya.

Ia menyatakan bahwa petugas instansi itu telah melakukan “fogging” secara fokus atau pengasapan di empat lokasi yang ditemukan kasus DBD guna  mencegah penyebaran penyakit itu.
Petugas dari instansinya, kata dia, melakukan kegiatan pengasapan untuk membunuh nyamuk Aedes aegeypti yang menjadi penyebab merebaknya penyakit DBD.
Selain itu, ia mengatakan bahwa instansinya memberikan bantuan bubuk abate untuk membunuh jentik nyamuk dalam genangan air di lokasi yang ditemukan kasus DBD.
Ia minta warga setempat menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumahnya.
Selain itu, mereka juga diminta membiasakan diri untuk penerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Ia berharap pada tahun ini kasus DBD dapat menurun dibandingkan dengan selama 2017 yang tercatat mencapai 66 kasus DBD.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =