Dinkes Gorontalo Wisuda Balita Sudah Imunisasi Lengkap

    Gorontalo, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo mewisuda balita yang telah diberikan imunisasi dasar lengkap, sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang sadar pentingnya imunisasi.
“Hingga tahun 2017 kami telah mewisuda lebih dari 10 ribu balita,” kata Kepala Dinkes Gorontalo, Roni Sampir pada acara pra-Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2018 di Tangerang, Selasa.
Pada 2017 cakupan desa Universal Child Immunizatio (UCI) di Kabupaten Gorontalo mencapai 97 perseb dengan Imunisasi Dasar Lengkapnya (IDL) mencapai 93 persen.
Ide mewisudakan balita tersebut dalam rangka mendorong para orang tua agar mau memberikan anaknya imunisasi dasar lengkap.

Harapannya, semua anak di Gorontalo tidak ada yang tidak lengkap imunisasinya, dan para orang tua juga tidak melupakan jadwal imunisasi sang anak.
“ami ingin ada kebanggaan bagi ibunya dan menarik perhatian ibu yang belum lengkap imunisasi anaknya,” kata Roni.
Dia mengatakan setiap balita yang diwisuda akan mendapatkan sertifikat imunisasi.
Bahkan tahun ini, pihaknya berencana akan mengajukan Rekor Muri atas wisuda imnisasi pada lebih dari 10 ribu anak teraebut.
Tidak hanya itu, Gorontalo pun berhasil menurunkan prevalensi stunting selama tiga tahun secara keseluruhan.
Berdasarkan Pemantauan Status Gizi (PSG) Pada 2015, prevalensi stunting mencapai 40,7 persen, pada 2016 menurun jadi 37,6 persen, dan pada 2017 menurun lagi menjadi 32,3 persen.
Sementara prevalensi usia 0-24 bulan pun mengalami penurunan. Pada 2015 prevalensi mencapai 32,3 persen, 2016 menurun jadi 28,4 persen, dan pada 2017 menjadi 24,8 persen.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =