Dinkes Kota Bogor Tambah Layanan Mobil Curhat

    Bogor, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah mengatakan ada penambahan satu unit Mobil Curhat di Tahun 2019 yang akan meningkatkan layanan konseling kesehatan kepada masyarakat.
“Tahun 2019 ini ada penambahan satu unit Mobil Curhat, jadi sekarang kita punya dua unit,” kata Rubaeah di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.
Mobil curhat atau antigalau diluncurkan oleh Pemerintah Kota Bogor pada 6 Juli 2014. Kehadiran layanan ini merupakan kerja sama dengan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB.
Fungsi Mobil Curhat awalnya melayani curahan hati masyarakat tentang gizi, maupun keluarga. Seiring perkembangan waktu, layanan meluas, menyediakan konseling dan deteksi untuk penyakit tidak menular, VCT HIV/AIDS, dan konseling berhenti merokok.
Menurut Rubaeah, peminat mobil curhat begitu banyak, dalam setiap acara atau kegiatan apapun selalu ada yang minta dihadirkan mobil curhat.

“Mobil curhat sangat diminati masyarakat, setiap operasi melayani 100 sampai 200 orang,” katanya.
Ia mengatakan, mobil curhat yang baru lebih lengkap karena memiliki tambahan layanan baru, yakni alat diagnostik deteksi dini kanker.
“Ada layanan iva test, yang biasanya konsultasi gizi, VCT, konseling kejiwaan, sekarang ada layanan untuk kanker,” kata Rubaeah.
Dengan penambahan jumlah armada mobil curhat, lanjut Rubaeah, dapat memperluas layanan mobil curhat ke sejumlah wilayah yang ada di Kota Bogor.
Mobil curhat beroperasi keliling ke wilayah-wilayah, hadir dalam berbagai acara, seperti di lapangan Sempur, di sekolah-sekolah, maupun kegiatan di pusat perbelanjaan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =