Dinkes Muba Bantu Proses Pengobatan Samuel

Muba, jurnalsumatra.com  – Rasa terimakasih Sabrawi (54) warga desa Rimba Ukur (C5) Kecamatan Sekayu, kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terlihat jelas, ketika Dinas Kesehatan Muba melalui Tim medis Puskemas Cinta Karya mengunjungi anaknya Samuel (28) yang menderita penyakit Jantung. sejak tahun 2015 lalu.

“Kami ucapkan terimakasi atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang telah memberikan jalan untuk pengobatan anak kami Samuel,”Ucap Sabrawi ayah kandung dari Samuel, Jumat (2/8/2019).

Laki-laki berprofesi penjual es keliling ini berharap dengan ada bantuan dari Pemkab Muba anaknya bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya. 

“Mudah-mudahan dengan dikawal oleh pihak Dinkes Muba, proses pengobatan Samuel dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan kami keluarga,” Harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba Dr Azmi Dariusmansyah, MARS melalui Kasubag Tata Usaha Puskesmas Cinta Karya Jun Indra, SKM menyarankan agar Samuel dibawah ke RSUD Sekayu kembali guna mengetahui riwayat pengobatan yang pernah dilakukan. 

“Hari ini kita mengunjungi Samuel dengan harapan Samuel dapat menjalani pengobatan dengan baik, agar bisa sembuh dan dapat hidup normal seperti semula, sesuai yang diharapkan keluarganya. 

Setelah kita ketahui riwayat penyakit yang dideritanya, tinggal kita menilai apakah bisa diobati dan jika memang harus dirujuk ke Jakarta kita akan bantu sesuai aturan prosedur yang berlaku dan jika perlu kita kawal.”Sarannya. 

Dijelaskannya bahwa saat ini Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan Muba telah mencanangkan program Universal Health Coverage/UHC yaitu Jaminan kesehatan bagi seluruh warga Muba untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan pelayanan dirumah sakit kelas 3 yang dikelolah oleh BPJS Kesehatan (UHC) yang terintegrasi dengan BPJS sehingga pengobatan juga harus mengikuti aturan BPJS.”TerangJun Indra.

Seperti diketahui, Samuel bin Sabrawi menderita penyakit bocor jantung sejak tahun 2015 lalu, dan sudah berobat secara medis dibeberapa rumah sakit baik rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu maupun Rumah Sakit Umum (RSU) Palembang.

Kemudian ditahun 2015 setelah dirinya menjalani perawatan disalah satu rumah sakit Palembang, Samuel disarankan untuk operasi ke Jakarta bahkan terkait operasi tersebut pihak rumah sakit palembang sudah mengkonfirmasi salah satu rumah sakit di Jakarta, tinggal hanya menuggu jadwal operasi. 

Namun sayangnya, hingga kini belum ada kejelasan dari pihak Rumah Sakit mengenai operasi tersebut. Oleh karena itu, atas dasar kepedulian Pemkab Muba melalui Puskesmas Cinta Karya terus berupaya bahkan pihak Puskesmas Cinta Karya jemput bola dan turun langsung kelapangan untuk membantu proses pengobatan Samuel. (Rafik elyas)