Dinkes Mukomuko: Air Isi Ulang Layak Konsumsi

     Mukomuko, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjamin kualitas air di 40 usaha depot isi ulang air galon di daerah itu tidak tercemar bakteri sehingga layak untuk dikonsumsi masyarakat.
“Petugas kesehatan telah melalukan pemeriksaan kualitas air galon di 40 usaha depot isi ulang air galon di daerah ini. Hasilnya air galon tersebut negatif tercemar bakteri, sehingga layak dikonsumsi,” kata Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi di Mukomuko, Rabu.
Ia menyebutkan, sebanyak 60 usaha depot isi ulang air galon yang memiliki izin di daerah itu, namun baru sampel air di 40 usaha depot isi ulang air galon yang telah diperiksa di  laboratorium.
Ia memastikan, sebanyak 40 usaha depot isi ulang air galon tersebut negatif tercemar bakteri. Air galon di deput isi ulang air galon itu aman dikonsumsi.
Ia menyatakan, instansinya mengeluarkan surat rekomendasi layak kesehatan kepada usaha depot isi ulang air galon yang memenuhi persyaratan sesuai dengan pemeriksaan sampel air baku di laboratorium.
Ia mengatakan, selanjutnya sebanyak 40 usaha depot isi ulang air galon tersebut wajib memasang surat rekomendasi layak kesehatan dari dinas kesehatan di tempat usahanya.
Ia menyarankan, agar masyarakat lebih teliti sebelum membeli air galon di tempat usaha depot isi ulang air galon. Masyarakat harus memperhatikan surat rekomendasi layak kesehatan dari dinas ini.
“Kalau tidak ada surat rekomendasi layak kesehatan di tempat usaha depot isi ulang air galon, sebaiknya masyarakat tidak membeli air galon di tempat usaha depot isi ulang air galon tersebut karena kesehatannya diragukan,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply