Dinkes Nabire Terus Berupaya Mendorong Akreditasi Puskesmas

   Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, terus berupaya mendorong akreditasi puskesmas, agar tingkat pelayanan kesehatan di wilayah tersebut semakin baik dari tahun ke tahun.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire Yulian Agapa ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Sabtu, mengemukakan tiga puskesmas di Nabire baru saja terakreditasi.
Ketiga puskesmas tersebut yakni Puskesmas Nabire Kota, Puskesmas Karang Tumaritis, dan Puskesmas Bumiwonorejo.
Namun akreditasi yang didapat dari tiga puskesmas ini masih pada akreditasi dasar.
“Setelah kami lacak ternyata banyak tenaganya yang belum mengikuti ujian kopetensi dan belum mengantongi sertifikasi karena belum mengikuti ujian sertifikasi,” katanya.
Menurut dia, pihaknya akan terus mendorong tenaga kesehatan yang bertugas dimasing-masing puskesmas agar bisa mengikuti ujian sertifikasi.

    Tahun ini, akan ada satu puskesmas yang terakreditasi yakni Puskesmas SP Satu Kali Bumi Nabire.
“Sesuai rencana strategi (renstra) dari Kementerian Kesehatan, puskesmas yang ada di masing-masing distrik itu kan harus di akreditasi,” katanya.
Artinya jika tahun lalu akreditasi puskesmas di Distrik Nabire maka tahun ini harus di luar dari Distrik Nabire yaitu Distrik Nabire Barat.
Selanjutnya, tahun depan akreditasi puskesmas harus dilakukan di distrik yang lain diluar Distrik Nabire Barat.
Akan tetapi, kata Yulian, dibutuhkan kerja keras baik puskesmas maupun Dinas Kesehatan untuk menyiapkan segala sesuatu yang menjadi penilaian akreditasi puskesmas.
Ia menyebut hal yang dinilai dalam akreditasi puskesmas diantaranya upaya pelayanan perorangan, upaya pelayanan kesehatan masyarakat, dan upaya yang berhubungan dengan administrasi yaitu surat menyurat/tata usaha yang ada di puskesmas.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + eighteen =