Dinkes Rejang Lebong minta warga patuhi protokol kesehatan

Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu meminta warga di daerah itu untuk mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

  Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir di Rejang Lebong, Senin malam, mengatakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan ini agar bisa meminimalisir warga yang terpapar virus mematikan tersebut menyusul sudah ada satu warga setempat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

  “Sebenarnya sudah terus kami sampaikan kepada masyarakat agar mengikuti petunjuk-petunjuk, protokol dari pemerintah pusat maupun daerah. Ayo pakai masker, ke luar rumah pakai masker. Kemudian menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, di depan rumah siapkanlah tempat cuci tangan dan sabun, ” kata dia.

  Dia menambahkan, langkah-langkah yang dianjurkan pemerintah ini untuk mencegah agar masyarakat tidak tertular dengan membudayakan hidup bersih dan sehat sehingga bisa menghindari kemungkinan terjangkit COVID-19 dan jenis penyakit lainnya seperti typus, diare dan termasuk hepatitis A.

  Dia mengimbau kalangan warga yang berdiam di sekitar rumah warga yang terkonfirmasi positif tidak perlu cemas dan tenang karena sudah ditangani oleh tim medis, dan juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan di rumah yang bersangkutan.

  Sementara itu, warga Rejang Lebong yang hasil pemeriksaan swab-nya oleh Labkes Provinsi Bengkulu terkonfirmasi positif dan menjadi kasus pertama di Kabupaten Rejang Lebong ini berjenis kelamin perempuan, berusia 56 tahun dan saat ini sudah menjalani perawatan intensif di RSUD Curup.

  “Pasien ini masuk ke RSUD Curup ada keluhan penyakit lain, CVD, ada hipertensi, kemudian ada riwayat diabetes, ketika ini reaktif kita tetap melakukan protokol kesehatan dengan melakukan swab dan hasilnya setelah diumumkan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu terkonfirmasi positif,” terangnya.

  Untuk itu, pihaknya akan melakukan penelusuran riwayat perjalanan atau yang lainnya, mengingat dalam kesehariannya pasien ini berprofesi sebagai pedagang keliling pekan yang berkeliling kecamatan di wilayah Rejang Lebong.(anjas)