Dinkes Ternate Upayakan Target Imunisasi MR Tercapai

     Ternate,jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengupayakan target peserta program imunisasi Measle dan Rubella (MR) bisa tercapai dengan intensif melakukan sosialisasikan hingga ke RT/RW setempat.
“Selama sebulan ini, kami intensif menyosialisasikan program imunisasi agar target 95 persen peserta imunisasi 9 bulan-15 tahun bisa terealisasi,” kata Kadinkes Kota Ternate, dr Fathiyah Summa di Ternate, Jumat.
Menurut dia, hingga 30 September 2018, baru 45 persen anak melakukan imunisasi dari 95 persen target yang ditetapkan dan saat ini telah mencapai 46 persen dari 58 ribu anak yang diimunisasi.
Sehingga, dengan adanya surat Menkes nomor SR.02.06/Menkes/573/2018 untuk daerah yang capaian imunisasi MR belum tercapai target bisa perpanjang hingga 30 Oktober 2018 dengan melakukan imunisasi secara maksimal.

Menurut dia, dari delapan kecamatan di Kota Ternate, Kecamatan Pulau Hiri dan Batang Dua hampir mencapai target peserta yang diimunisasi, sedangkan enam kecamatan lainnya sedang diintensifkan.
Dia mengatakan, kendala Imunisasi di setiap sekolah yaitu masyarakat masih merasa ragu dengan anaknya melakukan Imunisasi MR, sehingga mengubah cara pelayanan imunisasi di tempat keramaian.
Sebab, orang tua murid ada yang  menolak imunisasi MR kepada anak, karena masalah isu tentang program ini di pulau Jawa yang tidak baik sehingga orang tua murid merasa takut anaknya di imunisasi.
Menurut dia, meskipun persetujuan MUI akan imunisasi ini telah diterima, tetapi masih ada masyarakat yang belum mengizinkan anaknya untuk diimunisasi.
Sehingga, Dinkes menggelar imunisasi massal MR, menyusul masih rendahnya capaian persentase di daerah ini.
Sebelumnya, pihaknya mengakui kalau rendahnya capaian imunisasi MR itu karena adanya pro kontra mengenai kehalalan vaksin MR, tetapi sudah ada fatwa dari MUI bahwa imunisasi MR itu boleh dilakukan, karena sifatnya darurat. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 3 =