Dinsos NTT Siapkan Logistik Antisipasi Peralihan Musim

     Kupang, jurnalsumatra.com – Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyiapkan logistik berupa beras cadangan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya rawan pangan pada peralihan musim tahun ini.
“Pemerintah sudah mengantisipasi jika terjadi masalah pangan pada setiap masa peralihan musim dengan menyiapkan logistik di setiap kabupaten dan kota,” kata kepala Dinas Sosial Provinsi NTT Welem Foni di Kupang, Rabu.
Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan antisipasi pemerintah dalam menghadapi peralihan musim, dimana selalu menimbulkan masalah pangan di masyarakat.
Menurut dia, beras sejahtera (rastra) juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan intervensi kepada masyarakat ketika kekurangan pangan atau rawan pangan.
“Di setiap kabupaten dan kota maupun di provinsi ada beras cadangan pemerintah (BCP), dan kalau tidak ada maka akan diintervensi dengan beras murah dan rastra,” katanya.
Karena itu, masyarakat tidak perlu kuatir dengan adanya masalah pangan di daerah karena pemerintah sudah melakukan antisipasi terlebih dahulu, katanya.
Mengenai bencana, dia mengatakan, berbeda dengan bencana, karena setiap bencana yang terjadi di daerah mendapat penanganan langsung dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat.
Dinas Sosial kata dia, hanya menyiapkan logistik dan sumber daya manusia, jika diperlukan untuk membantu penanganan di lapangan.
Welem Fony juga menghimbau pemerintah kabupaten/kota untuk memantau setiap perkembangan di daerah selama masa peralihan musim untuk segera mendapat penanganan.
Penanganan kata dia, bisa menggunakan beras cadangan yang sudah disiapkan oleh pemerintah di setiap daerah.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =