Dinsos Sumsel Bantu Veteran Alat Pendengaran

Palembang, jurnalsumatra.com – Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya membantu para orang tua lanjut usia (lansia) dari kelompok pejuang veteran agar hidupnya layak dan tidak menimbulkan masalah sosial di sekitar tempat tinggalnya.

Perhatian yang diberikan kepada lansia veteran yakni membantu mereka dengan menyediakan kursi roda, alat bantu dengar, dan tongkat,
kata Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin Hasan di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pihaknya berupaya meningkatkan perhatian kesejahteraan lansia veteran agar hidupnya layak dan bisa melakukan berbagai aktivitas secara mandiri sehingga tidak membebani keluarga.

Untuk memaksimalkan program tersebut, pihaknya berupaya meningkatkan anggaran dana guna membantu para veteran dan melakukan pendataan siapa saja yang memerlukan perhatian secara prioritas dan pantas mendapatkan bantuan.

Bantuan yang diberikan kepada para veteran yang tersebar di 17 kabupaten dan kota ini masih terbatas, sehingga untuk menentukan skala prioritas dilakukan pemberian bantuan secara selektif.

“Untuk menyeleksi siapa saja yang perlu mendapat perhatian segera, pihaknya menurunkan tim ke lapangan untuk melihat secara langsung para veteran yang layak dibantu,” ujarnya.

Dengan pendataan itu, bisa dilakukan seleksi ketat siapa saja yang pantas dibantu dan mencegah terjadi pengucuran dana tidak tepat sasaran.

Bagi lansia veteran yang memenuhi persyaratan, akan diberikan bantuan peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari, kata kadinsos. (anjas)