Diplomasi Golf Untuk Pererat Persahabatan Indonesia-Kamboja

Jakarta, jurnalsumatra.com – Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja Sudirman Haseng secara resmi membuka Friendly Golf sebagai salah satu kegiatan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja di Grand Phnom Penh Golf Course, Minggu.

  “Saya berharap Friendy Golf ini bisa memperkuat hubungan, tidak hanya antara Indonesia dan Kamboja, tapi juga seluruh peserta di event ini sebagai duta olahraga,” kata Sudirman dalam sambutannya melalui rilis yang diterima di Jakarta, Minggu.

  “Setiap kita mempunyai misi bahwa apa yang kita lakukan hari ini tidak hanya sekedar olahraga, tapi juga rasa hormat, saling pengertian dan semangat persahabatan yang tulus,” kata Sudirman yang didampingi Samdech Pichey Sena Tea Banh, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Kamboja, sebagai tamu kehormatan yang juga melakukan Honorary Tee Off dalam acara pembukaan.

  Samdech Tea Banh dalam kesempatan itu mengapresiasi penyelenggaraan Friendly Golf oleh KBRI yang telah mempertemukan tidak hanya kolega dari berbagai negara, namun juga mempererat hubungan antar sesama pejabat di Kamboja.

  Friendly Golf ini mendapat dukungan dan antusiasme dari banyak pihak, termasuk para pengusaha serta dihadiri oleh lebih dari 50 peserta.

  Atase Pertahanan pada KBRI Phnom Penh, Kol. Inf. I Nyoman Sukasana selaku Koordinator Friendly Golf mengatakan bahwa para pemenang dari Friendly Golf ini mendapat berbagai jenis hadiah menarik termasuk tiket pulang pergi rute penerbangan langsung Phnom Penh-Jakarta yang secara resmi telah dibuka oleh Citilink Indonesia pada 21 Juni 2019 lalu.

  Dubes Sudirman mengapresiasi Grand Phnom Penh Golf Course sebagai Co-Host dan Mr. Sok Sotheara selaku konsultan/GM perusahaan kontraktor Pisnoka serta para pendukung lainnya sehingga Friendly Golf berlangsung sukses dan lancar.

  Kegiatan Friendly Golf ini juga disponsori oleh Nikon, Holiday Palace, Morris Garages, Angkor Golf Resort, Kompong Dewa, Citilink, Pisnoka, Lionhart, Senayan Nasional Golf Club, HKNG Gaming, Srixon, Bolaball, UMG, Senayan National Golf Club, ARIYA CE, Sentul Highlands, Salak KAK dan Kalbe.

  Sejak awal tahun ini, KBRI Phnom Penh bersama Pemerintah Kamboja telah menyelenggarakan kegiatan peringatan bersama untuk merayakan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kamboja, antara lain, Friendly Futsal bekerja sama dengan Kemenlu Kamboja sebagai kegiatan kick off pada Januari 2019, Joint Cultural Performance pada 13 Februari 2019 bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Seni Rupa Kamboja yang juga dihadiri oleh Raja Norodom Sihamoni dan beberapa Menteri Kamboja.

  Selanjutnya, pada 19-21 Juli 2019 di Siem Reap, KBRI Phnom Penh dan Kementerian Perdagangan Kamboja akan menyelenggarakan eksibisi dagang bersama.

  Selain sektor perdagangan, dalam program eksibisi bersama selama tiga hari tersebut akan dilaksanakan juga promosi budaya dan pariwisata Indonesia.(anjas)