Disdagperin Muba Lakukan Pendekatan Persuasif

Muba, jurnalsumatra.com- Upaya penataan pasar Talang Jawe Sekayu, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Muba dengan cara melakukan pemantauan dalam rangka melihat kondisi terkini aktivitas perdagangan yang berlangsung di pasar tersebut. 

Pemantauan yang dilakukan jajaran Disdagperin itu dipimpin langsung oleh Plt Kadisdagperin Kabupaten Muba, Azizah SSos MT, Rabu (21/8/2019).

“Ini pemantauan rutin, kegiatan ini juga bertujuan melakukan pendekatan persuasif dan sosialisasi kepada para pedagang, pemilik kios/los/lapak yang berada di Pasar Talang Jawe terkait dengan rencana penertiban dan pemindahan pasar Talang Jawe ke pasar Randik nantunya,”Ungkapnya.

Azizah mengatakan, bahwa sebelumnya Disdagperin juga telah melakukan langkah awal berupa penyampaian surat pemberitahuan kepada para pihak yang berdagang atau berjualan di pasar Talang Jawe. 

“Dalam surat itu dijelaskan bahwa mereka dilarang berjualan di sepanjang bahu jalan sesuai dengan ketentuan Perpres 112 Tahun 2007, Permendag No. 70/M-DAG/Per/12/2013 dan Perda  Kab. Muba No. 10 Tahun 2016 tentang Penataan dan Pembinaan PKL,”kata Azizah. 

Dijelaskannya, selain melakukan sosialisasi dan pemberitahuan resmi, pihak Disdagperin juga melakukan pendataan seluruh pedagang, pemilik kios/los/lapak guna memperoleh data yang akurat terkait dengan penempatan para pedagang di lokasi Pasar Randik nantinya.

“Ini dilakukan dengan harapan saat proses pemindahan nantinya para pedagang bisa taat guna menciptakan suasana yang tertib dan kondisi Sekayu yang nyaman,” tukasnya. (Rafik elyas)