Disdik Aceh Tingkatkan Penguatan Ketrampilan Siswa SMK

   Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan Aceh menyatakan terus meningkatkan penguatan keterampilan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) melalui program magang “Board Based Education” (BBE) dalam upaya menghasilkan lulusan berdaya saing.
“Kami terus memacu mutu lulusan SMK melalui program magang yang juga sejalan dengan rencana pemerintah untuk memperkuat pendidikan vokasi sebagai upaya meningkatkan daya saing bangsa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin di Banda Aceh, Selasa.
Ia menjelaskan pemagangan yang dilakukan tersebut merupakan bagian melahirkan siswa-siswi SMK Aceh yang berkualitas, bermutu, berdaya saing dan siap kerja.
Menurut dia hal tersebut sesuai tuntutan Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan sumber daya manusia (SDM) yang handal, berkompeten sehingga dunia usaha dan industri akan lebih mudah untuk menerima mereka dan siap bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Innovam yang telah ikut andil dalam memajukan Pendidikan Aceh khususnya dunia SMK dan pihaknya berharap kegiatan magang tersebut dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.
Direktur PT Innovam Indonesia Global Hasustan Kosim (Abok) menyambut baik magang BBE siswa SMK yang telah disepakati sesuai dengan komitmen kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Aceh dengan PT Innovam Indonesia Global pada Tahun 2017.
“Kami akan melakukan yang terbaik untuk memajukan pendidikan di Aceh, termasuk memfasilitasi 60 siswa siswi SMK sesuai kompetensi bidang keahlian masing-masing dengan melibatkan dunia usaha dan dunia industri berskala nasional,” katanya.
Kepala Bidang Pembinaan SMK T Miftahuddin menjeleskan kegiatan magang BBE ini berlangsung sejak tanggal 15 sampai dengan 29 desember 2018 di Medan, Sumatera Utara, yang diikuti sebanyak 60 siswa-siswi SMK.(anjas)

Leave a Reply