Disdikbud Tomohon Gali Sejarah Asal-Usul Leluhur Minahasa

   Tomohon, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tomohon, Sulawesi Utara menggelar dialog kebudayaan menggali asal-usul leluhur suku Minahasa.
“Kami menyampaikan terimakasih kepada Weliem Boseke dan Prof DR Perry Rumengan yang telah berupaya mengungkap sejarah leluhur Minahasa,” kata Wali Kota Jimmy F Eman saat membuka dialog kebudayaaan dengan tema “Penguasa Dinasti Han Leluhur Minahasa”, di Tomohon, Rabu.
Dialog yang dilakukan tersebut dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya membangun sejarah budaya Minahasa khususnya di Kota Tomohon.
Bangsa Indonesia, lanjut Wali Kota adalah bangsa yang kaya suku, bahasa dan kebudayaan.
“Sebagai warga negara Indonesia kita perlu mengetahui dan mengenal keragaman suku dan budaya yang ada karena itu merupakan karakteristik atau keunikan bangsa ini,” katanya.

    Salah satu suku yang mengisi keberagaman di Indonesia adalah Minahasa yang ada di pulau Sulawesi.
“Sesungguhnya kita mesti terbuka tentang siapa dan dari mana asal-usul leluhur kita, ada terdapat banyak versi tentang leluhur Minahasa,” ujarnya.
Wali Kota yang menjabat periode kedua itu mengatakan, dari proses berkembangnya akal budi, kemampuan berpikir kritis dan logis orang mulai mempertanyakan segala sesuatu yang dianggapnya tidak jelas, meragukan dan tidak logis.
“Kita berharap melalui dialog kebudayaan ini akan memberikan kontribusi positif mengungkap lelulur suku Minahasa,” ujarnya.
Dialog tersebut menghadirkan narasumber peneliti dan budayawan Alex Ulaen, Ketua DPRD Kota Tomohon Miky Wenur, mantan Wakil Wali Kota Tomohon Linneke S Watoelangkow, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dolvin Karwur, serta peserta unsur budayawan dan mahasiswa.(anjas)

Leave a Reply